Michelle Yeoh Sandang Aktris Terbaik Asia Pertama di SAG Awards

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 01 Maret 2023
Michelle Yeoh Sandang Aktris Terbaik Asia Pertama di SAG Awards
Michelle Yeoh menjadi perempuan Asia pertama yang memenangkan penghargaan akting film terkemuka. (Instagram@michelleyeoh_official)

BINTANG Everything Everywhere All at Once Michelle Yeoh membuat sejarah pada kemenangannya untuk kategori Aktris Terbaik di Screen Actors Guild (SAG) Awards (27/2). Dilansir dari laman Variety, terungkap bahwa Yeoh menjadi perempuan Asia pertama yang memenangkan penghargaan akting film terkemuka.

“Saya pikir jika saya berbicara, hati saya akan meledak,” ungkap Yeoh emosional di saat menerima penghargaannya. “SAG-AFTRA, untuk mendapatkan ini, kamu tahu tidak mudah dan mengerti apa artinya sampai di sini. Perjalanannya, naik turun seperti roller coaster. Tapi yang terpenting kita tidak pernah menyerah. Saya berterima kasih… Ini bukan hanya untuk saya, ini untuk setiap gadis kecil yang mirip dengan saya.”

Baca Juga:

‘Virgo & The Sparklings’, Remaja Juga Bisa Jadi Pahlawan

film
Ke Huy Quan menjadi pria Asia pertama yang memenangkan penghargaan akting film individu. (Instagram@sagawards)

"Terima kasih telah memberi saya posisi dan malam ini kamu telah menunjukkan kepada kami bahwa segalanya itu mungkin. Saya bersyukur dan ibuku akan selamanya berterima kasih kepada Anda semua."

Yeoh menjadi perempuan Asia kedua yang dinominasikan sebagai aktris terbaik setelah Ziyi Zhang untuk film bertajuk Memoirs of a Geisha (2005). Selain itu, Yeoh juga merupakan perempuan Asia kedua yang memenangkan penghargaan akting film seperti kemenangan aktris pendukung Yuh Jung Youn
untuk Minari (2020). Pemenang Asia lainnya datang dari kategori televisi, termasuk pemenang dua kali
Sandra Oh (Anatomi Grey dan Killing Eve) dan bintang Squid Game Lee Jung-jae dan Hoyeon Jung pada
acara tahun lalu.

Yeoh bukanlah satu-satunya pemenang Asia pada gekaran SAG Awards ini. Rekan mainnya di Everything Everywhere Ke Huy Quan menjadi pria Asia pertama yang memenangkan penghargaan akting film individu dan Stephanie Hsu juga dinominasikan sebagai aktris pendukung.

Selain itu, ada juga Hong Chau dari The Whale dinominasikan bersama Hsu. Pertama kalinya dalam sejarah SAG Awards terdapat dua orang Asia dinominasikan dalam kategori yang sama.

Baca Juga:

Debut ‘Cocaine Bear’ Langsung Melesat ke Urutan Dua Box Office AS

film
Selain di SAG Awards, Yeoh menjadi nominasi aktris Asia kedua untuk aktris terbaik Oscar sejak Merle Oberon bermain dalam 'The Dark Angel' (1935). (Instagram@michelleyeoh_official)

Daftar aktris terbaik SAG Awards tahun ini menjadi lineup yang paling beragam secara etnis dalam 29 tahun sejarah penghargaan perfilman ini. Tahun ini menandai pertama kalinya wanita kulit berwarna menjadi mayoritas, termasuk Ana de Armas (Blonde), Viola Davis (The Woman King), dan Danielle Deadwyler (Till).

Namun, hanya de Armas dan Yeoh yang menuju ke jajaran Oscar, bersama Andrea Riseborough (To Leslie) dan Michelle Williams (The Fabelmans). Sebelumnya, telah merangkul Cate Blanchett (Tár), yang memenangkan Golden Globe untuk drama aktris utama, Critics Choice, dan BAFTA sejauh ini.

Kini, Giliran Yeoh yang berperan sebagai Evelyn si pemilik binatu, yang masuk dalam 11 nominasi Oscar. Dia adalah nominasi Asia kedua untuk aktris terbaik Oscar sejak Merle Oberon pada film The Dark Angel (1935).

Dalam 95 tahun Academy Awards, hanya lima aktor keturunan Asia yang memenangkan Oscar: Ben Kingsley (Gandhi) dan F. Murray Abraham (Amadeus) untuk aktor terbaik, Haing S. Ngor (The Killing Fields) untuk aktor pendukung, dan Miyoshi Umeki (Sayonara) dan Youn yang disebutkan sebelumnya sebagai aktris pendukung. Pemungutan suara untuk Oscar sedang berlangsung dari 2-7 Maret 2023. (DGS)

Baca Juga:

Warner Bros Discovery Gugat Paramount

#Film #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan