MHBA, Asam dalam Bir Turunkan Risiko Dementia Minum bir meningkatkan konsentrasi. (Foto: Unsplash/Gerrie van der Walt)

ADA studi yang mengklaim bahwa bir mampu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko dementia. Studi yang dilakukan di Jepang ini menemukan MHBA, asam yang ada di hop pahit mampu membantu melawan dementia.

Penelitian baru itu juga menemukan bahwa hop itu baik untuk otak dan mendorong percepatan proses berpikir. Bahkan meneurut laman Mirror, mampu menurunkan tingkat stres dan menaikan mood.


Baca Juga:

Hati-Hati, Makanan dan Minuman Bikin Kamu Jadi Pelupa

lupa
MHBA, asam dalam hop yang ada pada bir membantu meningkatkan konsentrasi. (Foto: Pexels/Pixabay)


Studi yang dilakukan di Juntendo University Faculty of Medicine dan Fukushima Healthcare Center, mengungkapkan partisipan yang meminum suplemen yang berisikan ekstrak hop menunjukan ingatan yang baik dan menyelesaikan solusi dari masalah yang rumit. Dengan hasil itu bisa jadi mampu melawan dementia.

Partisipan-partisipan yang mengonsumsi ekstrak itu selama 12 minggu menunjukan kemajuan pada fungsi kognitif. Partisipan yang dilibatkan berjumlah 100 orang dengan usia 45-69 tahun memiliki gangguan Selective Cognitive Decline (SCD) atau kehilangan daya ingat.


Baca Juga:

Galau Penyebab Demensia

bir
Asam MHBA mudah ditemukan dalam bir. (Foto: Unsplash/Tatiana Rodriguez)


Semua partisipan harus melalui serangkaian tes mental dan beberapa uji lainnya dan setelah 12 minggu melakukan tes-tes yang sama. Namun ditambah dengan pengambilan sample ludah dan darah untuk mengetahui hormon dan kimia yang berhubungan dengan penelitian itu.

Para peneliti melihat terjadi penurunan stres melalui serangkaian tes neuropsychological pada partisipan yang menerima suplemen MHBA. Suplemen itu memberikan perbaikan pada kemampuan kecepatan memproses, atensi dan konsentrasi.

Bahkan MHBA mampu memperbaiki energi metabolisme pada subyek yang memiliki kelebihan berat badan. Studi ini sudah dipublikasikan melalui Journal of Alzheimer's Disease. (psr)


Baca Juga:

Mengenal Manfaat Bir Bagi Tubuh

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH