MGS, Si Gurih Nan Bermanfaat MSG berguna bagi kesehatan dan tanaman. (Foto: Pixabay/onefox)

SELAMA ini orang selalu melemparkan opini buruk terhadap MSG. Micin, nama lain MSG dianggap bisa menurunkan kecerdasan seseorang terutama anak kecil. Saking tercorengnya nama baik micin, ibu-ibu sampai benci tapi rindu terhadap penyedap makanan ini. Tetapi stigma ini tak lantas membuat perusahaan micin gulung tikar. Karena penggunaannya cukup digemari di Indonesia.

Melansir dari menshealth.com, penelitian yang dilakukan oleh Profesor John Fernstrom mengatakan micin ternyata tidak menyebabkan otak menjadi kecil. Micin justru dibutuhkan untuk menambah selera makan karena membuat masakan semakin enak. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai pupuk lho. Yuk simak beberapa manfaat MSG.

Baca juga:

Suka Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini? Siap-siap Sistem Imun Melemah

1. Menambah Nafsu Makan

Menambah selera makan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Menambah selera makan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


MSG atau micin memang paling jago membuat kita menambah nafsu makan. Hal itu karena MSG mengandung zat aditif yang mampu meningkatkan produksi air liur. Selama tidak digunakan secara berlebihan, micin aman-aman saja kok dikonsumsi, baik untuk orang dewasa mau pun anak kecil.

2. Mengurangi Penggunaan Garam

Kadar natrium pada garam terlalu tinggi. (Foto: Pixabay/onefox))
Kadar natrium pada garam terlalu tinggi. (Foto: Pixabay/onefox))

Terlalu banyak konsumsi garam bisa menyebabkan darah tinggi dan berbagai penyakit kronis lain. Jika dibiarkan terlalu lama, pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan stroke. Micin berguna sebagai alternatif pengganti garam karena hanya mengandung 13 persen natrium atau 3 kali lebih rendah jika dibandingkan dengan garam. Rasanya pun gurih dan nikmat, hampir sama seperti garam.

Baca juga:

Baik atau Buruk Minum Parasatemol Saat Nyeri Haid


3. Membantu Pencernaan

Pencernaan semakin lancar. (Foto: Pixabay/derneuemann)
Pencernaan semakin lancar. (Foto: Pixabay/derneuemann)

Kabar baik untuk kamu yang selalu bermasalah dengan pencernaan. Micin ternyata bisa melancarkan metabolisme karena meningkatkan cairan di dalam lambung. Konsumsi secara rutin dengan jumlah sedikit akan menurunkan resiko terkena penyakit gastritis atrofik atau rusaknya sistem produksi lendir lapisan lambung.

4. Pengganti Pupuk

Mengganti pupuk dengan micin. (Foto: Pixabay/Jing)
Mengganti pupuk dengan micin. (Foto: Pixabay/Jing)


Tidak hanya berguna untuk kesehatan, micin juga memiliki manfaat bagi tanaman. Pupuk yang biasa kita kenal kebanyakan memiliki kandungan kimia yang dapat mengurangi kualitas tanah. Kamu bisa menggantinya dengan micin karena natrium di dalamnya merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan tanaman. (mar)

Baca juga:

Setiap Tahun Penderita Sifilis Meningkat


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH