MG, 'Muscle Car' Asal Inggris yang Terlupakan MG, brand asal Inggris yang dikenal dengan mobil sport dan roadster. (Foto: supercars)

MUNGKIN jarang umumnya orang mengenal brand ini. MG atau kependekan dari Morris Garage yang memproduksi mobil sport yang sangat powerful. Sejarahnya pabrik mobil ini sudah ada sejak tahun 1920 yang merupakan penjualan dan pusat service untuk Morris. Namun manajer bisnis Morris Garage kemudian mengubah standar mobil Morris di kala itu ke level yang lebih tinggi.

MG sudah berpindahtangan kepemilikan dari pertama William Morris ke holdingnya Morris Motor Limited. Dari situ masuk pada British Motor Corporation (BM) lantas berpindah pada British Leyland Motor Corporation (BLMC). Kemudian masih berpindahtangan lagi ke Rover Group yang kemudian diambil oleh perusahaan asal tiongkok, Nanjing Automobile Group. Ada beberapa model MG yang memiliki tempat sendiri di penggila otomotif.


Baca Juga:

Mengintip Keseruan Royal Enfield Tour of Indonesia Edisi Ke-2

MG ZT 260

mobil
MG ZT 260. (Foto: austingarages)


Model mobil ini memang terlihat agak berbeda dengan model-model sebelumnya. Pada sekitar akhir 1990an dan awal 2000an MG berada di bawah bendera Rover Group yang kemudian memproduksi mobil ini. ZT 260 terasa lebih modern ketimbang produk sebelumnya dan jauh lebih elegan. Perubahan yang ada seperti empat pintu dan penggerak roda depan.

Karena memakai model Rover yang besar maka kemudian mobil ini diberi mesin FWD Rover 75, juga modifikasi pada suspensinya. Mesin yangdigunakan berasal dari Ford berkapasitas 4,6L V8 yang menyemburkan tenaga sampai 260 dk. Konon kabarnya mobil ini hanya dijual di Eropa saja. Produksi ZT 260 dihentikan sejalan dengan terhentinya brand Rpver-MG.


MG B GT V8

mobil
MG B GT V8. (Foto: classicargarage)


Mobil roadster tipikal Inggris dipertunjukan oleh MG B. Model B ini merupakan penerus dari model sebelumnya MG A. Mobil ini menjadi semacam pembentuk kelas roadster di Amerika. MG B menunjukan sisi modern dari generasi sebelumnya dengan konstruksi unibody, interior yang lebih lega dan suspensi dan stir yang lebih nyaman.

MG memperkenalkan mobil ini di tahun 1973 dengan mesin V8 dengan kapasitas 3.5L menghasilkan kekuatan sampai 175 dk. Nilai jual mobil ini sungguh luar biasa. Orang menggemarinya tentunya karena mesin V8, kemudian ditambah dengan kabin dan bagasi yang lega. Tak hanya di Inggris saja menjadi mobil yang laris, pasar Amerika juga sangat menyukainya.


Baca Juga:

Mobil Sport Nissan yang Melegenda di Penggila Otomotif


MG X-Power SV Coupe

mobil
MG X-Power SV Coupe. (Foto: silverstoneauctions)


Mobil ini boleh dikatakan sebagai pencampuran tiga pengaruh besar di dunia otomotif. X Power SV Coupe dianggap sebagai mobil dengan gaya Italia, mesin Amerika dan eksklusivitas Inggris. Tak mengherankan mobil ini memang dibangun di Modena, Italia dan dirampungkan di Inggris. Desainnya dimaksudkan untuk menaikan mobil sport ke level lebih tringgi dengan gaya agresif muscle car.

Mobil ini memakai mesin Ford 4.6L V8 yang diambil langsung dari Mustang dan dikulik agar menghasilkan tenaga mencapai 320 dk. Tak hanya itu versi supercharged dapat menyemburkan tenaga sampai 540 dk. MG memperkenalkan mobil ini di tahun 2003, sayang di tahun 2005 produksinya terhenti. Ini gara-gara MG memang memiliki pencitraan yang lemah di muscle car. (psr)


Baca Juga:

Tips Jual Mobil Enggak Rugi

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH