Mewah! Sandwich Keju ini Dijual Rp 3 Juta Quintessential Grilled Cheese di Kafe Serendipity 3. (foto: Guinness Book of World Records)

SANDWICH keju sebenarnya bukanlah makanan mewah. Hidangan ini bisa dikatakan comfort food bagi semua orang. Roti hangat dengan isian keju meleleh, siapa tak suka?

Namun, sebuah kafe di New York membawa sandwich keju ke level yang baru. Bukan comfort food biasa.

Serendepity 3 menjual sepotong sandwich keju dengan harga US$ 214 atau hampir Rp 3 juta. Bagaimana bisa mahal begitu ya?

Quintessential Grilled Cheese ialah nama yang diberikan untuk menu sandwich keju mewah itu. Dalam sekali lihat, roti isi keju itu tampak biasa, enggak jauh beda dari buatan rumah.

Namun, ketika diteliti lagi, ada selapis kertas emas yang diletakkan di pinggiran sandwich. Enggak cuma itu, bahan-bahan pembuat roti isi ini juga bisa dikatakan mahal dan berkelas.

Seperti dilansir Dailymail, sandwich ini berisi lapisan tebal keju caciocavallo podolico yang diperam di gua khusus. Pemerahan sapi untuk membuat keju itu juga dilakukan hanya di bulan-bulan tertentu. Oleh karena itu, keju caciocavallo podolico amat langka dan berharga tinggi.

Selain keju, bahan pembuat rotinya pun terbilang kelas satu. Chef Serendipity 3 menggunakan sampanye Dom Perignon untuk campuran pembuat roti. Roti yang akan dipanggang sebelumnya diolesi minyak truffle yang bertabut kertas emas. Saat dipanggang, roti kembali diolesi mentega truffle putih. Truffle putih merupakan jenis jamur truffle yang paling langka dan mahal.

Setelah roti dipanggang, bagian sampingnya diberi lapisan kertas emas. Sebagai pengganti sup tomat yang biasa jadi pelengkap sandwich keju, Serendipity 3 menyajikan bisque tomat dan lobster mewah yang disajikan di gelas kristal.

Joe Calderoni, chef Serendipity 3, menyebut idenya membuat sandwich keju mewah datang dari kegemaran orang terhadap makanan itu. Jika biasanya roti isi keju tampil sederhana sebagai masakan rumahan, Calderoni ingin mengubahnya jadi sebuah makanan mewah dengan bahan kelas satu.

Tertarik membeli?

Jika iya, pastikan Anda melakukan pemesanan minimal 48 jam sebelum datang. Tentunya butuh waktu untuk menyiapkan mahakarya kuliner seperti sandwich termahal versi Guinness Book of World Records itu.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH