6 Metode Diet Terpopuler yang Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu di 2019

SATU dari banyak resolusi yang seringkali ingin dilakukan di tahun baru adalah untuk menjalani pola hidup sehat, mulai dari pola makan yang sehat sampai menurunkan dan mengurangi kelebihan berat badan. Namun sebagaimana yang kita ketahui, kini semakin banyak metode diet dan mungkin akan sulit untuk kamu menentukan metode diet mana yang dapat memberikan hasil terbaik.

Setiap bulan Januari,U.S.News and World Report mengeluarkan peringkat tahunan untuk berbagai hal, termasuk diantaranya adalah metode diet terbaik untuk tujuan dan kriteria tertentu. tahun ini, metode diet mediterania masih menduduki peringkat teratas, disusul oleh metode diet DASH dan Flexitarian.

Dalam peringkat di 2019, 41 metode diet yang paling populer saat ini masuk dalam daftar. Yang baru dalam daftar tahun ini adalah Diet Nordic, sebuah diet atau pola makan nabati yang menggabungkan tradisi Skandinavia dan metode itu berada pada peringkat terbaik kesembilan secara keseluruhan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa metode diet lainnya yang masuk dalam peringkat tahun ini, dan apa yang dikatakan para ahli tentang metode diet yang baik, buruk, dan trendi.


1. Metode Diet Mediterania

menu diet mediterania
menu makan sederhana diet mediterania (Pixabay/publicdomainpictures)

Para ahli mencatat dan meneliti bahwa Diet Mediterania mendapatkan posisi teratas tahun ini karena penelitian menunjukkan metode itu dapat membantu kamu untuk meningkatkan umur yang panjang dan menangkal penyakit kronis.

Metode diet Mediterania juga berada di peringkat nomor satu dalam beberapa kategori lain, diantaranya: metode diet termudah untuk diikuti, diet terbaik untuk hidup sehat, dan diet terbaik untuk kamu yang memiliki diabetes. Selain itu, metode diet mediterania terkait dengan metode diet Ornish untuk metode diet Terbaik untuk kesehatan jantung.

Metode diet yang menekankan untuk memakan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak ini juga mendapat kredit terbaik karena itu praktis. Ini adalah metode diet tradisional dari wilayah besar di dunia di mana orang dengan senang hati pergi untuk menikmati makanan, yang mana itu sangat mudah dikelola. Tidak membuat kamu menderita, dan bisa dilakukan oleh kebanyakan orang.

2. Metode Diet "DASH"

kolesterol pada telur
Telur terbukti memiliki kadar kolesterol tinggi (Pixabay/stevepb)

Kependekan dari apa yang diterjemahkan sebagai metode pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi, tahun ini menduduki peringkat kedua dalam daftar tahunan yang dibuat oleh U.S.News and World Report. metode diet ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk kamu yang sadar akan kesehatan. Meskipun dirancang untuk membantu menurunkan tekanan darah, diet ini juga terbukti telah membantu banyak orang menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan selain manfaat kesehatan lainnya.


3. Metode Diet "Flexitarian"

makanan vegetarian
metode flexitarian menganut pola makan vegetarian (Pixabay/dbreen)

Metode diet yang melibatkan praktisinya untuk mengikuti sebagian besar aturan vegetarian dan memasukkan lebih banyak protein non-daging seperti kacang, kacang polong, dan telur.


4. Metode Diet "Weight Watchers"

mengukur apa yang dimakan
Metode ini mengukur dan memperhatikan apa yang kamu konsumsi (Pixabay/stevepb)

Metode diet ini menduduki peringkat komersial tertinggi dan menempati peringkat keempat dalam daftar tahunan ini. metode diet ini disetarakan dengan metode MIND diet, metode diet Mediterania, dan DASH yang bertujuan mencegah penurunan secara kognitif.


5. Metode Diet "Nordic"

Metode diet Nordic mengandalkan bahan makanan terbaik (Pixabay/como-esta)

Panel ahli dari U.S.News and World Report memutuskan untuk memasukkan metode diet nordic dalam daftar peringkat mereka tahun ini, setelah metode diet itu mendapat perhatian besar pada tahun lalu. Sebenarnya tidak ada suatu hal resmi yang dikatakan tentang metode diet nordic, tetapi apa yang tertulis pada buku yang terbit di 2017 "The Nordic Way" adalah contoh yang baik dari pedoman dasar metode diet ini.

Pada dasarnya, metode diet Nordic didasarkan pada 10 konsep inti: makan lebih banyak buah dan sayuran setiap hari; makan lebih banyak biji-bijian; makan lebih banyak makanan laut; memilih daging berkualitas tinggi, tetapi lebih sedikit daging secara keseluruhan; mencari makanan dari pemandangan alam liar; menggunakan produk organik sedapat mungkin; menghindari bahan tambahan makanan; mendasarkan lebih banyak makanan pada produk musiman; mengkonsumsi lebih banyak makanan buatan sendiri; dan menyisakan lebih sedikit sampah makanan.

Dengan kata lain, metode diet Nordic berfokus pada bahan-bahan yang bersumber secara lokal, menghindari makanan olahan, dan merangkul kembali makan santai bersama teman dan keluarga. Ini adalah kemiripan yang juga ditemukan pada metode diet Mediterania.

6. Metode Diet Ketogenik

mengutamakan protein
Kurangi karbohidrat dan perbanyak protein jadi kunci diet keto (Pixabay/zuzyusa)


Salah satu tren terbesar untuk masalah penurunan berat badan adalah metode diet ketogenik, yang mengharuskan pegiatnya memakan rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan menjanjikan hasil cepat. Orang-orang yang melakukan diet "keto" mengurangi roti dan gula sehingga tubuh mereka memasuki ketosis, suatu keadaan di mana ia membakar lemak daripada karbohidrat untuk energi.

Tetapi para pakar kesehatan khawatir tentang metode diet keto, dan peringkatnya pada daftar tahunan mencerminkan keraguan itu. Untuk tahun kedua, metode diet keto berada di bawah peringkat beberapa diet terbaik dengan menduduki peringkat 38 dari 41 metode diet, dengan skor keseluruhan hanya 2,1 dari 5 dan skor "sehat", metode diet keto hanya mendapatkan nilai 1,8 dari dari 5.

metode diet keto memang turun peringkat jauh dalam satu kategori tertentu, namun tahun ini metode diet keto setara dengan beberapa diet lain. Menduduki peringkat kedua dalam kategori metode diet terbaik dan tercepat untuk penurunan berat badan. Memang benar adanya metode diet keto cepat dalam menurunkan berat badan, namun banyak ahli kurang menyarankannya.(ADP)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH