Meta Lakukan PHK Massal untuk Ketiga Kalinya

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 25 Mei 2023
Meta Lakukan PHK Massal untuk Ketiga Kalinya
Gelombang PHK Meta belum berhenti. (Foto: Unsplash/Dima Solomin)

META telah memulai putaran ketiga PHK di tengah rencana peningkatan efisiensi perusahaan. Pemutusan hubungan kerja terbaru itu adalah yang ketiga kali oleh Meta. Gelombang PHK pertama kali diumumkan pada Maret lalu. Perusahaan mengatakan akan kehilangan total 10.000 pekerjaan selama tiga putaran.

Tidak jelas persis berapa banyak pekerja yang akan terkena dampak pada putaran PHK terbaru ini. Namun, sepertinya yang paling berpotensi terdampak adalah mereka yang bekerja di posisi non-teknik. Orang-orang di bidang pemasaran, komunikasi, dan perekrutan telah kehilangan pekerjaan.

Laporan Engadget yang mengutip unggahan Facebook di LinkedIn mengungkap kenyataan tersebut. Meta juga akan memangkas hampir 500 pekerjaan dari kantornya di Irlandia. Ini berarti sekira 20 persen dari tenaga kerjanya di negara itu.

Baca juga:

Sengketa Merek Dagang, Meta Digugat Perusahaan Seni

Meta ingin tingkatkan efisiensi tenaga kerja. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

Meta menolak memberi komentar terkait PHK tersebut. Namun, seorang juru bicara Meta menunjuk sebuah memo oleh Mark Zuckerberg yang dibagikan kepada karyawan pada musim gugur lalu. Saat itu, perusahaan melakukan putaran gelombang PHK pertama untuk 11.000 karyawan.

Dalam pesan tersebut, ia mengatakan kondisi ekonomi saat ini telah menyebabkan pendapatan Meta jauh lebih rendah dari yang diharapkan. Ia menggambarkan PHK sebagai keputusan tersulit yang mereka pernah buat dalam sejarah Meta sebagai perusahaan dan itu terpaksa dilakukan agar tetap bisa maju.

Zuckerberg telah berbicara secara terbuka tentang perlunya lebih banyak efisiensi dalam beberapa bulan sejak itu. Dia menjuluki 2023 sebagai tahun efisiensi Meta. Ia juga mengatakan ingin membuat struktur manajemen yang lebih datar di perusahaan.

Baca juga:

Meta Siapkan Kontrak Lebih Lama dengan Qualcomm

Tenaga kerja non-teknis akan jadi yang paling terdampak. (Foto: Pexels/ANTONI SKHRABA Production)

“Saya tetap percaya bahwa memperlambat perekrutan, meratakan struktur manajemen kami, meningkatkan persentase perusahaan kami yang bersifat teknis, dan memprioritaskan proyek secara lebih ketat akan meningkatkan kecepatan dan kualitas pekerjaan kami,” kata Zuckerberg.

Kesimpulan dari gelombang PHK ketiga itu membuat jumlah pekerja Meta berkurang hingga sekitar 21.000 karyawan sejak November lalu. Meskipun angka PHK Meta cukup tinggi, itu jauh dari angka PHK perusahaan teknologi lainnya beberapa bulan terakhir seperti Amazon, Google, dan Microsoft. (waf)

Baca juga:

Meta Tutup Layanan Fintech Novi, Tanda Kejatuhan Kripto?

#Meta #Mark Zuckerberg #PHK
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan