Teknologi

Meta Ciptakan Superkomputer AI Tercepat di Dunia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 26 Januari 2022
Meta Ciptakan Superkomputer AI Tercepat di Dunia
Meta sedang dalam proses membangun Superkomputer AI. (Foto: Meta)

MARK Zuckerberg agaknya ingin memberikan gebrakan baru di dunia teknologi. Baru-baru ini, perusahaan teknologinya, Meta sedang dalam proses membangun Superkomputer AI (artificial intelligence) tercepat di dunia. Proyek yang dinamakan AI Research SuperCluster (RSC) itu kabarnya sudah diselesaikan sebagian.

Hypebeast (26/1) melansir superkomputer ini akan siap beroperasi di pertengahan 2022. Meta sudah mulai merancang infrastruktur komputasi baru pada awal 2020 lalu untuk mempercepat proses pelatihan model AI besar. Infrastruktur tersebut bertujuan untuk model pelatihan sehari dengan lebih dari 1 triliun parameter data yang setara dengan video berkualitas tinggi berdurasi 36 ribu tahun.

Baca Juga:

Meta Platform Punya Banyak Saingan di Jagat Metaverse

"Pada akhirnya, pekerjaan yang dilakukan dengan RSC akan membuka jalan menuju pembangunan teknologi untuk platform komputasi besar berikutnya yakni Metaverse, di mana aplikasi dan produk berbasis AI akan memainkan peran penting," demikian keterangan dari Parent Company Facebook tersebut.

Super komputer tersebut akan beroperasi pertengahan 2022. (Foto: Unsplash/Sigmund)

Meta berharap komputer ini akan membantu meletakkan dasar bagi pembangunan metaverse internet 3D. Nantinya pengguna akan mengenakan headset realitas virtual dan peralatan sensor untuk menciptakan pengalaman yang mendalam.

Meta juga mengatakan telah berkomitmen untuk investasi jangka panjang di AI sejak 2013 lalu ketika membuat lab Penelitian AI Facebook. Infrastruktur komputasi performa tinggi generasi pertama dari tim peneliti AI Meta dibuat pada 2017 dan memiliki 22 ribu NVIDIA V100 Tensor Core GPU dalam satu cluster.

Baca Juga:

Belajar Bahasa Mandarin Asyik lewat Metaverse Storyland

"RSC hari ini terdiri dari total 760 sistem NVIDIA DGX A100 sebagai node komputasinya, dengan total 6.080 GPU dengan masing-masing GPU A100 menjadi lebih kuat daripada V100 yang digunakan dalam sistem kami sebelumnya," ungkap Meta. Mereka mengatakan berencana untuk meningkatkan jumlah GPU menjadi 16 ribu pada superkomputer tersebut.

Meta ingin membuat fitur yang memungkinkan pengguna menciptakan NFT. (Foto: Unsplash/Dima Solomin)

Meta juga mengklaim ingin merancang RSC dengan experience yang researcher-friendly agar timnya dapat dengan mudah mengeksplorasi berbagai kemungkinan model AI. Sebelumnya, Meta juga sempat dikabarkan ingin membuat fitur yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan, memamerkan, sekaligus jual dan beli aset NFT di Facebook dan Instagram.

Dari laporan The Financial Times, Meta ingin membuat fitur agar pengguna bisa membuat sekaligus melakukan transaksi jual beli NFT di Facebook dan Instagram. (rey)

Baca Juga:

'Roblox' Adakan Electric Daisy Carnival di Metaverse

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan