Messenger Rooms Resmi Meluncur, Akankah Zoom Tergeser? Facebook luncurkan Messenger Rooms, calon pesaing Zoom (Foto: the verge)

BULAN lalu CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan akan meluncurkan Messenger Rooms dalam waktu dekat.

Namun, siapa sangka waktu peluncurannya terbilang cukup cepat. Karena Messenger Rooms saat ini sudah resmi dirilis secara global.

Baca juga:

Mantap! WhatsApp Akan Support Panggilan Video 50 Orang Sekaligus

Dengan hadirnya Messenger Rooms, tentunya akan meramaikan pasar aplikasi yang menyediakan panggilan video, seperti halnya Zoom, Google Meet, dan sebagainya. Layanan Messenger Rooms mempunyai fitur yang lebih banyak ketimbang fungsi panggilan video yang kini ada di Messenger.

Facebook hadirkan sejumlah fitur menarik pada messenger rooms (Foto: the Verge)

Menariknya, Messenger rooms bisa membuat panggilan video dengan kapasitas 50 orang melalui ponsel atau desktop. Panggilannya pun bisa kamu lakukan secara gratis tanpa batas waktu. Seperti yang dilansir dari laman The Verge, Facebook mengungkapkan pengguna yang memulai panggilan dapat membatasi siapapun yang ingin bergabung.

Baca juga:

Mark Zuckerberg Sumbang Rp11,8 Miliar untuk Restoran Favoritnya

Selain itu, para pengguna Messenger Rooms pun dapat mengundang partisipan yang tak mempunyai akun facebook dengan membagikan tautan panggilan. "Kamu bisa memulai membagikan Rooms pada Facebook lewat News Feed, Group dan Events, jadi sangat mudah untuk kamu bergabung kapan saja," ucap Vice President of Messenger Facebook, Stan Chudnovsky.

Chudnovsky juga menambahkan kamu dapat melihat dan bergabung dalam room, atau menghapus orang di Room lalu menguncinya jika orang lain tak ingin bergabung.

Messenger Rooms dikabarkan akan terintegrasi dengan WhatsApp dan instagram (Foto: the next web)

Seluruh fitur panggilan yang sudah ada di Messenger sebelumnya bisa tetap kamu gunakan seperti biasa. Namun, bila kamu mengklik opsi 'people' di Messenger, kamu akan melihat opsi untuk membuat room.

Bila kamu membuat panggilan itu dan mengaturnya untuk publik, panggilan tersebut akan muncul pada bagian atas News Feed seluruh teman Facebookmu. Jadi, cermati baik-baik ketika memilih teman yang ingin kamu undang.

Perihal privasi penggunanya, Facebook menegaskan tak menerapkan sistem enkripsi end-to-end pada panggilan yang dibuat di Messenger Rooms. Namun, mereka berjanji tak akan melihat atau mendengar panggilan yang telah dibuat.

Rencananya, beberapa bulan ke depan facebook akan menambah fitur baru untuk Messenger Rooms. Facebook pun akan mengintegrasikan Messenger Rooms dengan WhatsApp dan Instagram Direct. (ryn)

Baca juga:

WHO Tengah Kembangkan Aplikasi Pelacak COVID-19

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala