Meskipun Teh Bikin Segar, Air Putih Tetap yang Terbaik untuk Berbuka Untuk membatalkan puasa, air putih yang terbaik. (foto: pixabay/pubblicdomainpictures)

BAGI banyak orang, teh selalu jadi pilihan minuman saat berbuka puasa. Memang teh mengandung sejumlah manfaat untuk tubuh. Mulai dari mengurangi risiko kanker hingga menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Meskipun demikian, teh bisa jadi bumerang bagi kesehatan. Kandungan kafein dalam teh bisa memicu kenaikan asam lambung jika diminum saat perut dalam keadaan kosong.

Oleh karena itu, amat disarankan untuk terlebih dahulu berbuka puasa dengan air dan sedikit makanan sebelum minum teh. Selain menetralkan lambung, air putih saat berbuka juga memberi manfaat besat bagi tunbuh, yakni:

1. Memaksimalkan performa fisik

man
Minum air putih membuat stamina terjaga. (foto: Pixabay/olichel)

Setelah berbuka puasa, bukan berarti kamu langsung tidur kan. Pastinya ada ibadah selanjutnya, seperti tarawih. Salat tarawih pasti membutuhkan performa fisik yang baik agar tubuh kamu tidak mudah lelah saat beribadah.

Jadi, saat berbuka, usahakan untuk meminum air putih agar dapat mengganti cairan tubuh yang kurang dan memulihkan tubuh kamu yang letih beraktivitas saat berpuasa. Tubuh membutuhkan 8 gelas cairan per hari. Jika berpuasa, kamu bisa mengatur konsumsi cairan di waktu sahur, buka maupun di malam hari.

2. Meningkatkan energi dan fungsi otak

girl
Karena kehilangan cairan, fungsi otak bisa menurun. (foto: pixabay/stocksnap)


Setelah tidak minum seharian, saat berbuka, kamu kehilangan 1%-3% cairan saat beraktivitas. Hal itu mungkin belum membuat kamu merasakan dehidrasi.

Namun, demi menghindari berkurangnya fungsi otak, minum air putih merupakan hal yang terbaik ketimbang teh untuk membatalkan puasa.


3. Mencegah dan mengobati sakit kepala

upset
Dehidrasi membuat kamu pusing. (foto: pixabay/robinhiggins)


Apakah kamu pernah merasakan pusing saat berpuasa? Ternyata salah satu penyebabnya ialah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi.

Oleh karena itu, obat yang paling ampuh untuk mengatasinya ialah minum air putih yang banyak.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH