Meskipun Sehat, Jangan Coba-Coba Mengonsumsi Makanan Ini Di Malam Hari

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 12 Maret 2019
Meskipun Sehat, Jangan Coba-Coba Mengonsumsi Makanan Ini Di Malam Hari
Sebaiknya mengonsumsi makanan ini di sore hari saja (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

BUAT kamu yang sedang berdiet, makan malam jadi hal yang dihindari. Karena takut berat badan bertambah. Hal itu wajar mengingat di malam hari enggak ada lagi aktivitas yang kamu lakukan selain tidur. Dengan begitu, kalori dari makanan kamu sulit terbakar.

Namun, makan malam itu penting. Kalau memang takut gemuk, kamu bisa makan malam seenggaknya 2 jam sebelum tidur. Selain memengaruhi kemampua tubuh membakar makanan, salah mengonsumsi jenis makanan tertentu di waktu makan malam juga enggak baik untuk kamu.

Beberapa makanan memang bisa mengganggu kualitas tidur kamu nantinya. Seperti makanan-makanan ini. Dilansir Health, meskipun makanan ini terkenal sehat, jangan coba-coba mengonsumsinya di malam hari.

1. Keju keras (hard cheese)

Keju keras sulit dicerna (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Satu porsi keju keras sama saja dengan satu irisan tipis sandwich. Itu setara dengan beberapa potong keju ukuran dadu. Jika kamu mengonsumsi keju keras di malam hari, kualitas tidur kamu akan berkurang.

"Keju keras yang lebih tinggi lemak jenuh seperti keju Swiss, cheddar, dan parmesan sulit dicerna, terutama ketika kamu sedang berbaring," kata ahli gizi yang berbasis di Los Angeles Maggie Moon, MS.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung kafein yang membuat kamu terjaga. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jika dibandingkan dengan keju, cokelat hitam lebih baik untuk dikonsumsi. Namun, tetap saja, akan lebih baik menghindari mengonsumsi cokelat hitam di malam hari. Kandungan kafeinnya bisa membuat mata kamu tetap terjaga. "Cokelat hitam bisa menjadi makanan kaya polifenol, tetapi juga sumber kafein yang mengejutkan," kata Moon.

Satu atau dua kotak cokelat hitam sama saja seperti seperampat kafein dari secangkir kopi. Sama juga dengan setengah kafein dari secangkir teh hijau atau hitam. Perlu 6-10 jam untuk menghilangkan kandungan kafein dari tubuh kamu. Jadi paling enggak kamu hanya boleh mengonsumsi cokelat hitam di sore hari.

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan