Meskipun Enak dan Segar, Minuman ini Ternyata enggak Baik untuk Berbuka Perhatikan pilihan minuman untuk pembuka puasa. (foto: pixabay/olichel)

SETELAH berpuasa sehari penuh, saat berbuka jadi yang dinanti. Di saat itu, kamu bisa melepas dahaga yang sudah mencekat tenggorok. Biasanya, berbagai minuman dingin segar aneka warna menjadi pilihan untuk berbuka.

Biasanya minuman segar seperti es buah hingga sirup jadi favorit. Ada juga yang lebih memilih teh hangat atau kopi panas. Namun, ternyata enggak semua minuman sehat lho untuk berbuka. Seperti dilansir Hellosehat, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya kamu hindari saat berbuka puasa.


1. Kopi

coffee
Minum kopi saat berbuka akan meningkatkan asam lambung. (foto: pixabay/stocksnap)

Minum kopi setelah berpuasa boleh saja. Namun, itu enggak berarti kamu harus menjadikan kopi minuman pembuka puasa.

Karena mengandung kafein, kopi akan menimbulkan efek samping jika diminum saat perut kosong. Kopi bisa meningkatkan asam lambung yang akan mengganggu pencernaan kamu.


2. Smoothies

smoothie
Smoothie mengandung yogurt yang bisa membuat sakit perut. (foto: pixabay/sajutadin)


Dalam keadaan biasa, smoothie tergolong minuman yang sehat. Namun, minuman jenis ini enggak disarankan sebagai pembuka puasa. Kandungan yogurt dalam smoothie memiliki bakteri asam laktat yang menaikkan asam lambung. Bakteri laktat bekerja untuk melancarkan pencernaan.

Minum smoothie saat berbuka justru bisa membuat kamu sakit perut. Alasannya, bakteri asam laktat yang masuk ke pencernaan saat perut dalam kondisi kosong.


3. Soda

soda
Minum soda untuk berbuka membuat sakit perut, kembung, dan mual. (foto: pixabay/cote62)

Ayo ngaku, kamu mungkin salah satu yang gemar minum soda untuk menghilangkan haus. Memang sih soda dingin akan terasa amat segar, tapi kalau sudah kena efek buruknya, kamu akan menyesal.

Soda mengandung asam berkarbonasi yang bercampur dengan asam lambung. Selain bikin sakit perut, soda juga membuat kamu merasakan perut kembung dan mual.

4. Jus

orange juice
Dari jus avokad hingga jeruk, semuanya enggak cocok untuk berbuka puasa. (foto: pixabay/jeshoot_com)

Wah, bagaimana bisa minuman sehat seperti jus buah enggak baik untuk berbuka?

Sebuah penelitian dari Princeton University mengungkapkan bahwa meminum jus dalam keadaan perut kosong dapat mengganggu sistem pencernaan dan ususmu. Hal tersebut disebabkan tingginya kadar fruktosa yang tidak bisa dicerna usus.

Nah, karena tidak bisa dicerna oleh usus, fruktosa tadi akhirnya menuju ke usus besar dan hati. Organ tersebut tidak memiliki mikroba untuk memproses gula.

Aneka minuman jus memang terasa menyegarkan di mulut saat buka puasa, tetapi waspadai akibatnya jika kamu tetap ingin mengonsumsi jus.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH