Meskipun Asam, Kiwi Ternyata Amat Baik untuk Sarapan

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 14 Oktober 2017
Meskipun Asam, Kiwi Ternyata Amat Baik untuk Sarapan
ilustrasi. (foto: pexels)

MEMULAI hari dengan sarapan memberikan Anda energi untuk menjalani aktivitas. Sarapan sehat di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Selain itu menu sarapan sehat membantu menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, dan memberi kekuatan dan daya tahan untuk menghadapi hari.

Lazimnya, jenis makanan yang jadi menu sarapan,yaitu sereal, oatmeal, roti, telur, sampai buah-buahan.

Buah-buahan baik dikonsumsi untuk sarapan karena mngandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah dapat membantu mencegah penyakit tertentu dan kandungan kalium dalam buah dapat membantu menyehatkan otot. Buah juga mengandung banyak serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut buah-buahan terbaik untuk menu sarapan.


Pisang

Makan pisang di pagi hari merupakan ide yang bagus. Pisang mengandung karbohidrat dan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, pisang mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk penderita hipertensi. Anda bisa memakan pisang dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, dibuat smoothies, juga bisa ditambahkan ke sereal atau oatmeal.


Semangka

Semangka mengandung banyak air, sehingga mampu menghidrasi tubuh Anda dengan baik. Semangka bisa menjadi buah yang baik dimakan pada pagi hari. Kandungan likopen dalam buah semangka juga berperan penting pada penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker. Likopen dapat ditemukan dalam buah atau sayuran yang berwarna merah.


Buah berry

Buah-buahan berry, seperti blueberry, stroberi, dan raspberry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam buah berry (terutama stroberi dan blueberry) tersedia dalam bentuk antosianin yang dapat melindungi jantung Anda. Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Buah berry juga memiliki banyak serat (sekitar 8 gram serat per 100 gram buah berry), tetapi mengandung kalori yang rendah (sekitar 80 kalori per 100 gram buah berry). Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan meningkatkan berat badan Anda jika mengonsumsi buah berry dalam jumlah banyak. Kandungan serat yang banyak dalam buah berry juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain antioksidan dan serat, buah berry juga mengandung vitamin C yang tinggi. Anda bisa menjadikan buah berry sarapan di pagi hari dengan cara menambahkannya pada yoghurt, sereal,atau oatmeal.


Kiwi

Kiwi mungkin memiliki rasa yang sedikit masam, tetapi kandungan nutrisinya kaya. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sekitar 65 mg per buah. Selain itu, kiwi mengandung mineral kalium dan tembaga yang tinggi. Kandungan kalium yang tinggi membuat kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi Anda penderita hipertensi.

Kiwi juga mengandung banyak serat, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah pisang. Hal itu membuat kiwi menjadi buah yang baik untuk pencernaan. Sebuah penelitian menunjukkan makan dua buah kiwi dalam sehari selama satu bulan dapat membantu mengurangi sembelit pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Anda bisa memakan buah kiwi dengan cara mencampurkannya dengan buah lain, sehingga menjadi salad atau bisa dibuat smoothie bersama dengan buah pisang dan stroberi.


Jeruk

Siapa bilang jeruk tidak baik dikonsumsi di pagi hari? Menyantap roti dengan jus jeruk di pagi hari menjadikan sarapan Anda lebih bergizi. Jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Karena mengandung vitamin C tinggi, tentu jeruk juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan