Meski Virtual, Barang-Barang ini Punya Harga Fantastis Bagi gamers, barang virtual yang mahal layaknya investasi. (foto: the richest)

APAKAH kamu termasuk gamer sejati? Jika iya, pilihanmu bisa jadi cukup menjanjikan. Variety melansir, pada 2025 nanti, industri gim akan bernilai sekitar Rp4,2 triliun.

Itulah mengapa tidak sedikit orang yang mulai menginvestasikan banyak uang untuk gim. Banyak sekali pemain yang rela menghabiskan jutaan hingga miliaran untuk membeli barang-barang virtual, seperti senjata, realestat, dan pulau. Mereka menganggap barang yang mereka beli menjadi sebuah investasi yang sangat menguntungkan di masa depan. APa benar demikian?

BACA JUGA: Mengenal Game DOTA 2 dan Turnamen The International

Berikut barang virtual termahal yang pernah terjual, seperti dilansir laman The Richest.

5. Pedang di Age of Wulin

age of wulin
Setelah dibeli, pedang enggak langsung bisa dipakai. (foto: bonusweb)

Seorang pertarung atau pejuang yang baik membutuhkan sebuah pedang untuk mengalahkan lawannya di dunia virtual. Dalam permainan yang sangat populer di Tiongkok, Age of Wulin, ada seorang pemain yang membeli sebuah pedang seharga Rp223,7 juta. Dalam gimnya, pedang tersebut hanya ada satu. Sayangnya, setelah membeli pedang, dia harus menunggu beberapa bulan sebelum menggunakan pedangnya yang unik itu.


4. Ethereal Flame Pink War Dog di Dota 2

DOta 2
Harga kurir yang amat mahal. (foto: arstechnica)

Siapa yang tidak tahu dengan game yang satu ini, Dota 2 adalah permainan yang bisa dimainkan 10 orang secara daring. Tercatat ada barang yang pernah terjual di gim ini bernama Ethereal Flame Pink War Dog. Fungsinya ialah sebagai kurir yang mengantarkan barang saat pemain membelinya.

Sebenarnya kurir ini datang dengan beberapa macam warna, tapi yang paling mahal berwarna merah muda, karena sangat jarang yang memilikinya. Bahkan menurut Forbes, harga yang pernah terjual untuk kurir ini sebesar Rp531 juta.


3. Ibu Kota Belanda di gim Second Life

second life
Dibuat mirip dengan aslinya. (foto: my uptown sl)

Amsterdam yang di kehidupan aslinya sebagai ibu kota Belanda merupakan hal yang sangat berharga. Seseorang telah membangun Kota Amsterdam di gim Second Life dengan gaya arsitektur, jalan-jalan, dan jalur kereta yang hampir sama dengan aslinya.

Pada 2007 silam, seseorang amat tertarik dengan kota virtual itu. Transaksi keduanya berlangsung lewat eBay, dan mereka berdua mencapai kesepakatan di harga Rp699 juta. Namun sayang, gim ini sudah tidak pernah terdengar lagi sekarang.

2. Crystal Palace Space Station di gim Entropia

entropia
Stasiun luar angkasa seharga Rp4,6 miliar. (foto: Quora)

Gim ini merupakan sebuah permainan dengan berbagai macam planet virtual. Pada 2009 lalu, sebuah stasiun luar angkasa yang dijual. Negosiasi dilakukan lewat pesan dalam gim tersebut. Penjualnya akhirnya sepakat melepas barang itu seharga Rp4,6 miliar. Tentunya uang tersebut sangatlah fantastis mengingat itu hanya sebuah barang virtual.

1. Never Die Club di gim Entropia

entropia
Penjualnya untung besar. (foto: flckr)

Beberapa tahun lalu, tepatnya di 2010, seorang pemain gim Entropia bernama Jon Jacob membeli sebuah klub bernama Neverdie seharga Rp1,4 miliar. Lalu Jacob menambahkan barang-barang yang sangat langka di gim Entropia tersebut.

Ia kemudian mencoba menjual tempat itu. Usahanya berhasil. Tempat itu laku dengan harga yang sangat menguntungkannya. Ia menjual klub Neverdie seharga Rp8,9 miliar. Dengan angka itu, barang ini menjadi benda virtual paling mahal yang pernah dijual hingga saat ini.(ape)

BACA JUGA: Beberapa Hal Termahal yang Dimiliki Taylor Swift



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH