Meski Tak Aman, Mudik Menggunakan Sepeda Motor Tetap Jadi Primadona Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di jalur pantura Tegal karang, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (21/7). Foto: Antara/Dedhez Anggara

Merahputih.com - Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2018 yang menggunakan kendaraan pribadi mencapai 12,24 juta orang atau naik 27,77 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum mencapai 19,5 juta atau naik 5,17 persen dari tahun sebelumnya. Lonjakan jumlah pemudik berkendaraan pribadi akan didominasi pesepeda motor. Pada 2017 ada 6,97 juta pemudik menggunakan kendaraan roda dua, tahun ini diprediksi akan ada 8,52 juta pemudik atau naik 33,3 persen yang menggunakan roda dua.

"Mudik dengan kendaraan roda dua sebenarnya tidak aman. Kami tidak menyarankan masyarakat mudik dengan motor," kata Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan, Cris Kuntadi di Jakarta, Kamis (7/6).

Pemerintah dan beberapa perusahaan sendiri sudah memfasillitasi para pemudik roda dua menggunakan beberapa moda transportasi yang memberangkatkan pemudik motor gratis. Pertama, menggunakan kereta api. Sepeda motor pemudik akan diangkut kereta secara gratis, pemudik tinggal membayar tiket kereta saja. Kedua, menggunakan bus. Pemudik diberangkatkan denga bus sedangkan sepda motornyaa diangkut truk. Ketigam dengan kapal Laut. Namun, pemudik yang ditumpangi dengan kapal kurang diminati masyarakat.

Mudik naik motor

"Kalau kami melihat sampai saat ini mudik dengan kapal kurang disambut baik oleh masyarakat. Ini berbeda dengan mudik motor gratis dengan kereta yang selalu penuh setiap tahun, atau mudik dengan bus," kata dia.

Pada program mudik motor gratis, Kementerian Perhubungan menyediakan 1.130 bus untuk 50.850 orang dengan 70 truk untuk mengangkut 3.150 motor ke 32 kota. Pada program mudik dengan kereta api, pemerintah menyiapkan kuota pengangkutan sepeda motor sebanyak 18.096 unit ke 32 stasiun.

Sedangkan untuk moda transportasi laut, Kementerian Perhubungan menyiapkan tiga kapal penyebrangan dengan kuota pengangkutan sebanyak 6000 orang dan 3000 motor ke tiga kota dan enam kapal laut untuk mengangkut 30.400 orang dan 15.200 sepeda motor. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH