Meski Sepele, Empat Hal ini Perlu Kamu Persiapkan Saat Melancong Persiapkan hal ini supaya melancong lancar (Foto: Pexels/rawpixel.com)

KAMU enggak akan pernah tahu hal apa yang bisa menimpa kamu saat melancong. Banyak hal bisa terjadi, apalagi yang mengancam keselamatan dan kenyamanan perjalanan kamu. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan banyak hal sebelum melakukan perjalanan.

Melansir laman Smarter Travel, empat hal ini memang terdengar sepele. Namun, tetap harus dipersiapkan. Supaya kegiatan melancong kamu aman, nyaman dan lancar. Apa sajakah empat hal tersebut?

1. Fotokopi paspor

Buat salinan paspor untuk memudahkan laporan kehilangan (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Untuk jaga-jaga kalau kamu kehilangan paspor saat perjalanan. Buat salinan paspor kamu agar memudahkan pelaporan kehilangan saat di negara lain. Jika malas dengan banyak kertas, cukup scan paspor kamu dan simpan dalam email pribadi kamu.

2. Jangan sering menampakan ponsel

(Foto: Pexels/rawpixel.com)

Gunakan ponsel seperlunya. Kamu bisa menjadi sasaran penjahat jika sering menampakan ponsel di tempat umum. Terlebih lagi jika kamu tengah berada di transportasi umum yang sangat penuh dengan kerumumanan orang. Lengah sedikit, ponsel kamu bisa dicuri.

Baca juga:

Melancong Berminggu-Minggu? Jangan Lupa Persiapkan Hal Ini

3. Selalu kenakan sabuk pengaman

Tetap kenakan sabuk pengaman untuk selamat dari turbulensi (Foto: Pexels/Gratisography)

Meskipun kamu sudah lepas landas, tetap kenakan sabuk pengaman. Memang, saat terbang kamu bebas mau tetap mengenakan atau melepas sabuk pengaman. Namun, turbulensi bisa terjadi kapan saja. Saat itu terjadi tapi kamu enggak mengenakan sabuk pengaman. Kamu bisa terluka karena goncangan.

4. Tinggalkan pesan sebelum melancong

Tinggalkan pesan supaya orang lain mudah mencarimu (Foto: Pexels/Tracy Le Blanc)

Penting banget mengabarkan kepada orang lain sebelum kamu melakukan pelancongan. Seperti kerabat maupun teman. Supaya kalau terjadi apa-apa mereka tahu di mana harus mencari kamu. Ada satu cara yang bisa kamu lakukan. Update di media sosial di mana keberadaan kamu. Sehingga orang lain bisa tahu di mana posisi terakhir kamu.

Bagaimana sahabat Merah Putih, sudah siap melancong? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH