Meski Positif Mengidap HIV/AIDS, 'Public Figure' Ini Panjang Umur Magic Johnson (Foto: magicjohnson.com)

PENYAKIT yang satu ini enggak hanya mengincar orang biasa saja. Para tokoh dunia pun, mulai dari seleb hingga atlet juga positif mengidap penyakit HIV/AIDS. Seperti yang dikutip dari Alodokter, AIDS merupakan penyakit yang disebabkan virus HIV (human immunodeficiency virus).

Virus ini dapat merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyaknya sel CD4 yang hancur sistem kekebalan tubuh pun akan semakin lemah. Hasilnya, penderita HIV/AIDS akan rentan terkena berbagai macam penyakit hingga menyebabkan kematian.

Namun, meskipun positif mengidap HIV/AIDS. Para tokoh dunia ini tetap panjang umur. Mereka tetap beraktivitas seperti biasa. Bahkan beberapa dari mereka aktif dalam berbagai macam kegiatan.

Siapa sajakah mereka?

1. Magic Johnson

Johnson juga mendirikan Johnson Foundation organisasi yang menggalang dana untuk upaya pencegahan HIV/AIDS (Foto: wsj.com)

Seorang atlet tentu identik dengan gaya hidup sehat. Namun, mantan pebasket NBA Magic Johnson tampaknya kurang beruntung. Ia mengaku positif mengidap HIV/AIDS pada tahun 1991 atau di usianya yang ke 20 tahun. Setelah mengidap HIV/AIDS pemain Lakers itu pun pensiun dari NBA dan beralih profesi menjadi komentator NBA.

Johnson merasa empati dengan penderita AIDS. Ia mendirikan Magic Foundation yang bergerak dalam menggalang dana untuk upaya pencegahan HIV/AIDS. Johnson pun panjang umur, dia masih hidup dan usianya sekarang 59 tahun.

Baca juga:

Penularan HIV Bukan Lewat Ludah ataupun Keringat

2. Charlie Sheen

Sheen mengakui dirinya mengidap HIV/AIDS pada tahun 2015 (Foto: biography.com)

Aktor Charlie Sheen mengidap HIV/AIDS belum lama ini, yaitu pada tahun 2011. Namun, ia menyembunyikan penyakitnya itu kepada semua orang. Barulah pada tahun 2015 ia memberanikan diri dan mengumumkan dirinya mengidap AIDS.

Meskipun begitu, Sheen enggak mau putus asa. Dia menerima penyakit itu dan mencoba menjalani aktivitas seperti biasa. "Jika aku hidup maka aku harus percaya bahwa aku masih menang," kata pria 53 tahun itu seperti yang dilansir dari Daily Mail.

3. Greg Louganis

Meski mengidap HIV/AIDS, Louganis tetap bisa menyabet medali emas dalam Olimpiade (Foto: greglouganis.com)

Atlet selam penyabet medali emas pada musim olimpiade 1984 dan 1988 ini juga mengidap HIV/AIDS. Menariknya, ia mengetahui mengidap penyakit itu sebulan sebelum Olimpiade 1998 berlangsung.

Tetap tegar dan semangat, Louganis berhasil memenangkan medali emas pada Olimpiade 1998. Sang pelatih kata Louganis selalu memberikannya semangat. Pria yang kini berusia 59 tahun itu juga mengaku menyelam mengurangi rasa depresinya terhadap penyakitnya.

4. Danny Pintauro

Dia mengidap Aids selama 12 tahun (Foto: thewrap.com)

Bertahun-tahun Danny Pintauro menyembunyikan penyakit HIV/AIDS yang dideritanya. Ia takut publik akan menjauhinya jika mengetahui dirinya terkena HIV/AIDS. Namun, bintang sitcom Who's The Boss itu mengungkapkan dirinya mengidap HIV/AIDS dalam acara The Oprah Winfrey Show pada tahun 2015.

"Saya positif HIV, dan saya sudah mengidap penyakit ini selama 12 tahun," ungkap Pintauro dalam acara Talkshow itu. Di usanya yang kini sudah 43 tahun, Pintauro tetap hidup dengan sehat. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo