Meski Pembeli Adalah Raja, Masa Sih Enggak Mau Minta Maaf Kebiasaan buruk pelanggan warkop (Foto: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

"Ngobrol di warung kopi. Nyentil sana dan sini. Sekadar suara rakyat kecil. Bukannya mau usul". Penggalan lagu milik Warkop DKI tersebut tersua informasi nongkrong di warkop sambil ngobrol ngalor-ngidul sudah jadi kebiasaan sejak lampau. Hanya bermodalkan duit dua ribu perak kamu bisa melepaskan penat. Bukan hanya segelas kopi bisa didapatkan, melainkan obrolan hangat bersama teman.

Baca juga:

Ragam Emoji Minta Maaf, Beberapa Ternyata Meleset!

Kadang, saking seringnya kita nongkrong di satu warkop, lama-kelamaan jadi akrab dengan mamang-mamang empunya warkop. Kalo temen kita lagi absen di Warkop, kita bisa asyik ngobrol sama mamang. Obrolannya pun enggak kalah seru dibandingkan dengan teman.

Di balik keakraban terjalin, biasanya sih suka ada efek samping. Apa lagi kalo bukan hutang. Begitu bro banget password 'catat', 'masuk tagihan', 'entar' seakan sudah dipahami mamang warkop. Biasanya sih bayarnya tiap awal bulan saat kiriman uang dari orang tua tiba, atau gajian bila sudah bekerja, mungkin juga nunggu upah dari proyek serabutan cair.

Maaf
Nyomot pisang goreng tiga bayarnya satu (Sumber: Freepik/odua)

Saat hutang masih terbilang sedikit, nongkrong di warkop masih rajin. Namun, begitu hutang menggunung biasanya sih jurus menghilang akan digunakan. Terus, mamang warkop gimana buat belanja? Ya mau gimana lagi memang sudah garis tangan. Mau enggak mau cuma elus dada. Berharap dagangan makin laris agar bisa putar modal.

Bukan cuma itu nasib naas mamang warkop. Selain sering jadi langganan hutang, terkadang ada saja pembeli ambil lima goreng giliran bayar cuma sebut dua. Ya, enggak mungkin juga kan lihat cctv. Di warkop kan sistemnya saling percaya. Mana udah cuma dua makan cabenya mentang-mentang free flow setengah kilo sendiri.

Kurang-kurangin deh gengz. Pembeli memang raja. Namun, enggak semua raja alpa dari salah. Ada juga raja bengis, serakah, dan tiran. Masa sih raja enggak mau minta maaf. Lagian raja juga enggak mungkin hutang lalu hilang, terus makan gorengan lima ngaku dua.

Di bulan ramadan penuh ampunan lebih baik bila kamu nan punya keliru dengan mamang warkop minta maaf dengan sepenuh hati. Minta hampura supaya hati lega. Enggak susah kan minta maaf sambil peluk-pelukan habis itu pesan mi instan polos bermandi saos merah kamu jahat tapi enak.

Maaf
Numpang duduk-duduk di Warkop (Foto: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

Selain mamang warkop, pernah enggak sih kamu marah-marah ke costumer service provider internet. Bentak-bentak sampai tetangga keluar semua. Internet mendadak mati memang menjengkelkan. Apalagi sinyal langsung drop pas lagi meeting daring dengan klien. Ya ngamuk.

Pelampiasannya tentu saja costumer service (CS). Enggak mungkin kan marah ke CEO. Di ujung telepon baru bilang 'Hallo', kamu langsung tarik suara keluar amarah. Semua umpatan keluar dengan suara keras melebihi petir.

Udah marah-marah ternyata intenet mati lantaran biaya bulanan belum dibayar. Duh malu banget enggak sih. Namun, biasanya sih langsung tutup telepon tanpa ada kata maaf keluar. Jarang ada orang udah marah-marah pas tahu kesalahan ternyata dari dirinya langsung minta maaf. Biasanya tutup telepon, pergi, menjauh sebisa dan secepat mungkin.

Nah, kalau kamu pernah seperti itu sebaiknya minta maaf kepada CS. Gimana caranya kan udah enggak ingat namanya? Mungkin bisa mention atau tag merek provider lalu buat permintaan maaf terbuka. Siapa tahu CSnya melihat dan memaafkan. Makanya, hati-hati raja sebab kamu bisa saja berbuat salah.

Baca juga:

Modus-Modus Orang Minta Maaf Palingan di Ujung Ada 'Maunya'

Selain mamang warkop, CS, paling sering pembeli melakukan 'dosa kecil' biasanya terjadi pada pedagang kaki lima, warung, hingga warteg. Polanya memang serupa, seperti hutang lama bayar, makan lima bayar tiga, sampai membandingkan-bandingkan harga di depan penjualnya.

maaf
Kebiasaan ngutang (Foto: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

Membanding-bandingkan harga di hadapan penjual langsung apalagi konteksnya setengah marah sungguh tidak elok dilakukan. Kalau kamu enggak setuju harga di tempat tersebut mahal, enggak usah beli udah merupakan langkah terbaik. Jangan semena-mena bilang kemahalan secara langsung. Hal tersebut tentu menyakitkan bagi penjual. Minta maaf segera bila kamu melakukan hal itu. Mereka mencari penghidupan tentu ada pertimbangan dan kamu enggak berhak mendakwa semena-mena.

Di restoran atau produk dengan nama besar saja bila konsumen ingin komplain harus dilakukan sesuai prosedur. Apalagi di warung atau penjual kecil. Masa sih kamu enggak punya etika sebagai sesama manusia. Bila memang penjual ada kesalahan tegur dan jangan sampai merendahkan.

Ingat pembeli memang raja, tapi bukan berarti menjadi raja jadi lantas semena-mena. (Avia)

Baca juga:

Pelajaran Penting Minta Maaf Berujung Materai Rp10.000

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kim Kardashian Tak Berkencan Setelah Gugat Cerai Kanye
ShowBiz
Kim Kardashian Tak Berkencan Setelah Gugat Cerai Kanye

Kim dituduh menikahi West karena kekayaan dan ketenaran.

John Montagu, Sosok Dibalik Terciptanya Sandwich
Fun
John Montagu, Sosok Dibalik Terciptanya Sandwich

Nama sandwich diambil dari gelar John Montagu.

Kontrol Asam Urat dengan 4 Makanan Ini
Fun
Kontrol Asam Urat dengan 4 Makanan Ini

4 makanan ini mampu kontrol kadar asam urat pada tubuh.

Prediksi untuk 2021 dari Ahli Astrologi Susan Miller
Fun
Prediksi untuk 2021 dari Ahli Astrologi Susan Miller

Susan Miller merasa positif tentang tahun 2021.

BTS Raih Music Innovator Awards 2020 Versi Majalah Wall Street Journal
ShowBiz
BTS Raih Music Innovator Awards 2020 Versi Majalah Wall Street Journal

Wall Street Journal memilih BTS sebagai peraih penghargaan inovator dalam bidang musik.

BLACKPINK Rilis Poster Single 'How You Like That'
ShowBiz
Aransemen Spesial Tuan Tigabelas untuk 'Asian Sound Syndicate at Home'
ShowBiz
Aransemen Spesial Tuan Tigabelas untuk 'Asian Sound Syndicate at Home'

Tuan Tigabelas akan sajikan musik se-Indonesia mungkin di Asian Sound Syndicate at Home.

Desainer Wignyo Rahadi Dukung Penuh Pengembangan Batik Jambi
Fun
Desainer Wignyo Rahadi Dukung Penuh Pengembangan Batik Jambi

Dukung Pengembangan Kerajinan dan Pariwisata di Jambi, Fashion Designer Wignyo Rahadi Tampilkan Koleksi Batik Jambi di Candi Muaro Jambi