Meski Kondisi Pandemi, SCAI Sukses Menggelar Banyak Program di Semester Pertama 2021 Para pemenang Indonesia Coffee Events. (Foto: Instagram/aksi_scai)

PANDEMI Covid-19 yang masih terjadi tak membuat Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) patah semangat dalam mengembangkan industri kopi Tanah Air. Bahkan asosiasi yang dipimpin Daryanto Witarsa itu juga mendukung penuh program-program pemerintah di masa pandemi Covid-19 ini. Beberapa kegiatan besar pun sukses laksanakan di semester pertama 2021.

Para pecinta kopi pasti masih ingat dengan gelaran Indonesia Coffee Events (ICE) 2021 yang dilaksanakan pada 23-25 Maret 2021 di Half Patiunus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Event yang disiarkan secara live streaming ini merupakan lanjutan dari ICE 2020 yang sempat tertunda lantaran pandemi COVID-19. Meski masih dalam kondisi pandemi, SCAI membuktikan bahwa pihaknya bisa beradaptasi dengan kreatifitasnya untuk terus menggelar rangkaian ICE 2020 ini.

Ada tiga kompetisi yang diselenggarakan ICE 2021, yakni Indonesia Coffee in Good Spirit Championship (ICiGSC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC), dan Indonesia Cup Taster Championship (ICTC).

Sedangkan tahun lalu, kompetisi yang sempat diselenggarakan adalah Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC). Acara pun berlangsung seru, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga:

SCAI Kembali Lakukan Penyesuaian ICE 2020 untuk Hindari Virus Corona

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SCAI (@aksi_scai)

Para pemenang dalam gelaran ICE 2020 dan 2021 siap mewakili Indonesia dalam kompetisi tingkat dunia. Mereka adalah Mikael Jasin untuk World Barista Championship, Dhira Dahni untuk World Cup Tasters Championship, Restu Sadam Hasan untuk World Latte Art Championship, Santoso Ardiansyah untuk World Brewers Cup, dan Shayla Philipa untuk World Coffee in Good Spirits Championship.

Setelah rangkaian ICE 2021 selesai, SCAI juga turut bergabung di event Kopi Craft Indonesia yang dihelat di Summarecon Mall Serpong, 3-13 Juni 2021 lalu. Dalam event itu, SCAI juga menggelar talkshow terkait sosialisasi Cup of Excellence (COE) Indonesia bersama Michael Utama selaku ketua penyelenggara.

Baru-baru ini, SCAI bersama Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia memberikan fasilitas vaksinasi bagi praktisi dan profesional industri kopi. Vaksinasi ini diadakan di Smesco Indonesia dan terdiri dari dua gelombang.

Baca juga:

Hindari Corona, SCAI Lakukan Penyesuaian ICE 2020 Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SCAI (@aksi_scai)

“Gelombang pertama terlaksana dengan 422 pendaftar. Gelombang kedua sudah terdaftar 153 orang namun pelaksanaan gelombang kedua masih menunggu kepastian jadwal dari Kementerian Koperasi. Member dipersilahkan untuk aktif mendaftar di areanya masing-masing untuk vaksinasi kedua ini,” kata Andi Fachri selaku Executive Director SCAI.

Ke depannya, SCAI juga akan melakukan beberapa kegiatan yang mendukung industri kopi Indonesia. “SCAI sedang mempersiapkan tiga event, yakni Specialty Coffee di New Orleans, G20 di Roma bekerja sama dengan La Marzocco, dan World Coffee Event di Milan. Semuanya di Oktober,” kata Andi.

“Untuk G20 dan SCA, kami sedang melaksanakan proses seleksi biji kopi yang layak untuk mewakili Indonesia di ajang internaasional,” tutupnya. (and)

Baca juga:

ICE 2020, Ajang Kompetisi Kopi yang Sangat Sukses

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Michelin Gelar Grand Turismo Sport Indonesia Series 2021
Fun
Michelin Gelar Grand Turismo Sport Indonesia Series 2021

Berhadiah total senilai Rp 50 juta.

Kabar Buruk, Festival Glastonbury Resmi Dibatalkan untuk Kedua Kalinya
ShowBiz
Alarm Tidur Seperti Apa yang Paling Tepat?
Fun
Alarm Tidur Seperti Apa yang Paling Tepat?

Alarm bisa menentukan moodmu ketika bangun tidur.

Tepuk Tangan Pendukung Jadi Saksi Para Pemenang ICE 2021
Fun
Tepuk Tangan Pendukung Jadi Saksi Para Pemenang ICE 2021

Suasana gedung memanas ketika para barista menampilkan kepiawaiannya di depan stage.

Chatbot Meningkatan Customer Experience
Fun
Chatbot Meningkatan Customer Experience

Banyak perusahaan ternama yang sengaja menggunakan chatbot sebagai salah satu langkah ...

Empat Hal yang Hilang Saat Kepergian Orang Tersayang
Fun
Empat Hal yang Hilang Saat Kepergian Orang Tersayang

Kematian seseorang yang dicintai memicu perubahan signifikan dalam hidup.

Atlet Olimpiade Tokyo Bakal Tidur di Ranjang Kardus, Ini Alasannya
Fun
Atlet Olimpiade Tokyo Bakal Tidur di Ranjang Kardus, Ini Alasannya

Alih-alih beristirahat di kasur normal pada umumnya, ranjang mereka terbuat dari kardus.

Katsugyo Bag, Tas Unik Untuk Bawa Ikan Jalan-Jalan
Fun
Katsugyo Bag, Tas Unik Untuk Bawa Ikan Jalan-Jalan

Tas ini sangat cocok untuk pemilik ikan hias peliharaan, yang ingin berjalan-jalan dengan ikan kesayangan.