Kesehatan
Meski Gorengan Paling Dirindukan, Dokter Sarankan Awali Buka Puasa Minum Air Putih Awali berbuka puasa dengan minum air putih (Foto: pixabay/congerdesign)

SELALU sediakan segelas air putih di meja makan menjelang berbuka. Mengawali berbuka puasa dengan meminum air putih memiliki banyak manfaat. Hal tersebut dipaparkan dr. Syahidatul Wafa, Sp.PD.

Dokter merupakan Staf Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Penyakit Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) itu mengatakan tubuh membutuhkan khasiat air putih setelah seharian tidak mendapatkan cairan. "Intinya saat berbuka puasa tentu yang lebih baik minum air putih," kata Wafa pada sebuah acara kesehatan seperti yang dikutip dari laman Antara.

Baca Juga:

Pentingnya Membeli Produk Lokal Selama Ramadan

Selain itu, laman Healthline menyebutkan air putih merupakan standar emas dalam hal menjaga tubuh tetap terhidrasi setelah berpuasa selama 13-14 jam. Kemudian, batasi juga mengonsumsi makanan manis, terutama bagi kamu memiliki kadar gula tinggi.

air putih merupakan standar emas dalam hal menjaga tubuh tetap tehidrasi, setelah berpuasa selama 13-14 jam (Foto: pixabay/rawpixel)

Wafa mengatakan saat ini banyak produk bebas gula, seperti sirup bebas gula, hingga toping kental manis bebas gula. "Jadi kita bisa lebih smart memilih produk makanan yang masuk ke tubuh," imbuhnya.

Saat makan, Wafa menyarankan agar memilih porsi makan sedang dan cukup guna mencegah makan berlebihan. Selain itu, kamu juga disarankan mengonsumsi camilan sehat pada waktu berbuka dan sahur, seperti sayur, buah, dan kue babas gula.

Baca Juga:

Waspadai Phishing Berkedok Promosi Belanja Jelang Ramadan

Salah satu hidangan berbuka kerap hadir dan sulit dihindari ialah gorengan. Meski harga eceran minyak goreng di pasaran masih sangat tinggi, Warga +62 rasanya seperti kurang kalau tak ada gorengan di menu berbuka. Akan ada rasa kangen berlebih ketika berbuka puasa tanpa gorengan.

Survei Populix melibatkan responden berusia 18-55 tahun di pada 1-9 Maret 2022 berjudul Embracing Ramadan 2022, mengungkapkan sebanyak 74% responden menghidangkan gorengan saat berbuka puasa. Membuntut di urutan kedua sebanyak 72% responden menyajikan kolak, lalu 65% responden menyajikan nasi dan lauk pauk, 38% responden kue tradisional , 16% responden mie goreng, dan 11% responden menyajikan kue saat berbuka puasa.

Menurut responden tersebu, sebanyak 72% menungkapkan sebagian memasak sendiri dalam mempersiapkan menu berbuka puasa dan sebagian membeli. Sementara, 23% responden memilih untuk memasak sendiri dan 4% responden memilih membeli.

Terkait hal itu, Wafa menyarankan untuk membatasi asupan gorengan lantaran tinggi lemak dan garam. "Gorengan memang enak tetapi tidak bagus, sehingga bahaya untuk tubuh kita. Jadi, batasi asupan makanan tinggi lemak seperti gorengan dan termasuk asupan garam," jelas Wafa.

Batasi asupan gorengan, jangan sampai berlebihan (Foto: pixabay/pastel100)

Makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, kadar garam berlebihan pada tubuh juga bisa menggangu kinerja ginjal. Sementara menurut Alodokter, makanan tinggi lemak jika dikonsumsi melebihi batas dampaknya akan menimbulkan penyakit jantung koroner.

Makanan tinggi garam selain pada gorengan juga banyak ditemukan pada sejumlah makanan olahan, contohnya kecap dan saus. Wafa menyatakan kecap dan saus sebaiknya juga tidak dikonsumsi berlebihan. Untuk itu, pilihlah makanan rendah garam untuk asupan harian kamu. (ryn)

Baca Juga:

Lima Tips Jitu Agar Tetap Terhidrasi Selama Puasa di Bulan Ramadan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Emoji Love, Beda Warna Ternyata Beda Arti
Fun
Emoji Love, Beda Warna Ternyata Beda Arti

Saat ini, chatting-an enggak perlu menggunakan kalimat panjang-panjang. Cukup pakai Emoji yang bisa menggambarkan perasaanmu saja. Meski bentuknya sama, ternyata warna di Emoji love punya arti yang beda lho. Siapa nih yang masih suka tertukar?

Gara-Gara Baut Kendor Bugatti Chiron Ditarik Produsen
Fun
Gara-Gara Baut Kendor Bugatti Chiron Ditarik Produsen

NHTSA juga menyoroti bagaimana sekrup tunggal itu bisa memengaruhi fungsionalitas dukungan tabrakan pada mobil.

Musim Balap Usai, Dibawa ke Manakah Mobil F1?
Hiburan & Gaya Hidup
5 Cowok Green Flag ala K-Drama
ShowBiz
5 Cowok Green Flag ala K-Drama

Sukses membuat banyak perempuan menetapkan standar tinggi untuk pria idaman mereka.

200 Pasang Sneakers Virgil Abloh Terjual Rp358 Miliar
Fashion
200 Pasang Sneakers Virgil Abloh Terjual Rp358 Miliar

Sneakers Louis Vuitton dan Nike Air Force 1 di desain oleh mendiang Virgil Abloh.

Rumitnya Menemukan Cinta di 'My Sassy Girl'
Hiburan & Gaya Hidup
Rumitnya Menemukan Cinta di 'My Sassy Girl'

My Sassy Girl digarap oleh sutradara Fajar Nugros.

WhatsApp Web Versi Beta di Windows Punya Fitur Baru
Fun
WhatsApp Web Versi Beta di Windows Punya Fitur Baru

Fitur ini menjadi hal yang paling dinanti karena memberikan pengalaman yang kurang lebih serupa dengan dark mode di ponsel pitar

'Drive My Car', Film Internasional Terbaik di Oscar 2022
ShowBiz
'Drive My Car', Film Internasional Terbaik di Oscar 2022

'Drive My Car' masuk dalam empat kategori di Oscar 2022.

Mencegah dan Menghadapi Pelecehan Seksual saat Konser Musik
Fun
Mencegah dan Menghadapi Pelecehan Seksual saat Konser Musik

Pelecehan seksual sering terjadi di konser musik.

Sastra Siber Berperan Penting dalam Melestarikan Bahasa
Fun
Sastra Siber Berperan Penting dalam Melestarikan Bahasa

Sastra siber hadir menjadi sebuah wadah baru untuk mengkomunikasikan karya sastra ke seluruh pembaca melalui dunia maya.