Meski Berstatus Internasional, Penerbangan Luar Negeri Bandara YIA Ditunda Suasana pelayanan penerbangan domestik di Bandara YIA, Kulonprogo (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) belum bisa melayani penerbangan internasional. Menurut PT Angkasa Pura I selaku operator YIA, penerbangan internasional ditunda lantaran masih terkendala prosedur perizinan dan sebagainya.

Untuk sementara, bandara YIA masih melayani penerbangan domestik dan itupun masih terbatas. Hal ini tentu saja menjadi kontradiksi karena status YIA yang menyematkan internasional pada namanya.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I, Devy Suradji menjelaskan penundaan terjadi karena masih berlangsungnya proses pengurusan perizinan penerbangan antar negara. Proses ini cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Fasilitas ruang tunggu di Bandara YIA
Fasilitas ruang tunggu di Bandara YIA, Kulonprogo (MP/Teresa Ika)

"Sebenarnya kami sudah siap untuk menerima penerbangan internasional maupun nasional. Tetapi melihat lebih dulu kesiapan penerbangan nasional, maka kebijakan kami berubah,"jelas Devy melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Kamis (9/5).

Sementara untuk slot penerbangan domestik sudah ada dua maskapai yang memperoleh izin dan mendarat di YIA. Pertama adalah Citilink yang sudah dimulai tanggal 6 Mei dan Batik Air akan mendarat,Jumat 10 Mei 2019.

Meski berstatus internasional, Bandara YIA belum melayani penerbangan ke luar negeri
Meski berstatus internasional, penerbangan internasional Bandara YIA masih ditunda (MP/Teresa Ika)

Angkasa Pura I juga akan memindahkan extra flight idulfitri di Bandara Adisucipto ke Bandara YIA. Pemindahan ini bertujuan untuk mengurangi slot penerbangan di Vandara Adisucipto yang sangat padat.

Devy melanjutkan di tahap awal beroperasional AP I menggratiskan landing fee (cash bandara) kepada penumpang selama tiga bulan.

"Sesudah tiga bulan landing fee nya kami diskon 50 persen," pungkas Devy Suradji.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH