Mesir Paksa Mo Salah Turun Gelanggang, Berujung Manis atau Tragis? Mohamed Salah hadir di sesi latihan Timnas Mesir. Foto: AFP/Antara

MerahPutih.com - Tim nasional Mesir memastikan kartu AS mereka Mohamed Salah bakal turun dalam laga perdana Grup A Piala Dunia 2018, melawan Uruguay di Ekaterinburg Arena, Rusia, Jumat (15/6) malam ini.

Awalnya publik Mesir sempat dibuat khawatir akan kondisi Mohamed Salah yang mengalami cedera saat membela klubnya Liverpool dalam laga final Champions Eropa melawan Real Madrid Mei lalu. Namun, pemain terbaik Afrika itu berhasil pulih tepat waktu dan dipastikan tampil malam ini.

Mohamed Salah saat cedera di laga Final Champions Eropa akhir Mei lalu. Foto: BolaSkor

"Saya hampir bisa meyakinkan Anda 100 persen ia akan bermain. Ada hal-hal tak terduga yang terjadi pada beberapa waktu terakhir," kata Hector Cuper, pelatih Mesir, seperti dilansir BBC.

Juru gedor Liverpool itu memang memiliki peran penting di lini serang Mesir. Salah adalah fenomena baru bagi sepak bola Mesir dan lebih luas lagi sepak bola dunia. Sang pemain tampil mengilap dengan mendulang 44 gol pada debutnya di Liverpool.

"Kami mencoba membuatnya merasa pencaya diri. Para dokter memberinya pilihan untuk bermain atau tidak, namun saya tahu Salah dengan sangat baik dan saya yakin dia tidak takut," kata Hector memuji eks pemain AS Roma itu.

Dengan kehadiran Salah, Cuper bisa leluasa memainkan formasi kesukaanya 4-2-3-1. Nantinya, trio gelandang serang Mesir diprediksi dihuni Trezeguet, Abdallah El Said dan Mohamed Salah. Gelandang asal Premier League lainnya, Mohamed Elneny, diperkirakan akan bertugas menjaga kestabilan lini tengah.

Meski demikian, kehadiran Salah yang baru saja pulih cedera bisa berujung blunder bagi Mesir. Apalagi, bila kondisi top skor Liga Primer Inggris itu dipaksakan bermain dengan kondisi yang belum benar-benar pulih 100 persen.

Jangan Remehkan Uruguay

Suarez
Luis Suarez, penyerang Timnas Uruguay. Foto: AFP/Antara

Pada sisi lain, timnas Uruguay tak bisa dipandang sebelah mata. Tim yang identik dengan warna biru tersebut punya sederet pemain bintang asal klub Eropa seperti Diego Godin, Jose Gimenez, Matias Vecino, Rodrigo Bentacur, Edinson Cavani hingga Luis Suarez.

Oscara Tabarez diperkirakan akan menggunakan pengalaman pemainnya untuk menjinakkan pemain Mesir. Kemingkinan, sang pelatih akan menurunkan Martin Caceres untuk meredam Mo Salah.

Pertandingan diprediksi akan berjalan sengit. Uruguay punya peluang lebuh besar untuk memenangi pertandingan jika mampu membuat Salah mati kutu. Selain itu, peran dua ujung tombak Luis Suarez dan Edinson Cavani harus dimaksimalkan untuk menerima umpan matang dari lini kedua.

Kedua tim pernah bersua pada laga persahabatan 12 tahun silam. Ketika itu, La Celeste unggul dengan skor 2-0.

Prakiraan susunan pemain:

Mesir (4-2-3-1): Essam El Hadary; Mohamed Shafy, Ali Gabr, Ahmed Hegazi, Ahmed Fathy; Mohamed Elneny, Tarek Hamed; Trezeguet, Abdallah El Said, Mohamed Salah; Marwan Mohsen.

Pelatih: Hector Cuper

Uruguay (4-3-1-2): Fernando Muslera; Guillermo Varela, Jose Gimenez, Diego Godin, Martin Cecares' Rodrigo Bentancur, Matias Vecino, Nahitan Nandez; Giorgian de Arrascaeta; Edinson Cavani, Luis Suarez.

Pelatih: Oscara Tabarez

(*/BolaSkor)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH