Mesir Mulai Lancarkan Operasi Militer Lawan Kelompok Teroris Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi (tengah) berkendara bersama pemimpin Arab Sheikh Mohammed bin Zayed. (ANTARA FOTO/The Egyptian Presidency/Handout via REUTERS)

MerahPutih.Com - Pemerintahan Abdel-Fattah al-Sisi mulai bertindak tegas terhadap gerakan pengacau keamanan yang disebut sebagai kelompok teroris dan kriminal. Pada Jumat (9/2) pihak keamanan Mesir melancarkan operai militer yang melibatkan tentara dan polisi untuk melawan kelompok teroris dan kriminal di seluruh wilayah.

Juru bicara militer Mesir di Kairo menyatakan operasi militer itu sebagai bentuk tanggung jawab negara terhadap stabilitas keamanan dalam negeri. Apalagi dalam waktu dekat ini, Mesir akan menyelenggarakan pemilihan presiden.

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters, juru bicara militer Mesir mengatakan bahwa operasi tersebut mencakup wilayah-wilayah di Sinai, Delta dan Gurun Barat dan langkah tersebut mengikuti batas waktu tiga bulan yang ditetapkan oleh Presiden Abdel-Fattah al-Sisi untuk menghancurkan pemberontakan Islamis yang telah berlangsung bertahun-tahun.

"Pasukan penegak hukum memulai pagi ini dengan menerapkan konfrontasi komprehensif melawan elemen dan organisasi teroris serta kriminal di wilayah utara dan tengah Sinai," demikian pernyataan seorang jubir di televisi.

Jubir militer mengatakan operasi tersebut akan melibatkan operasional dan manuver pelatihan untuk memperketat kontrol negara terhadap titik penyeberangan negara tersebut dengan negara-negara tetangga, dan mendesak kerja sama penuh dengan aparat penegak hukum yang terlibat dalam operasi tersebut.

Warga Mesir melaporkan mendengar aktivitas udara yang luas di atas Terusan Suez di kota Ismailia, yang dekat dengan daerah operasi di utara dan tengah Sinai.

Pasukan keamanan Mesir telah bertahun-tahun berjuang melawan pemberontakan ISIS di Sinai Utara yang telah membunuh ratusan tentara dan polisi. Para anggota kelompok ISIS telah memperluas target mereka untuk melibatkan warga sipil selama setahun terakhir ini.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH