Mesin Pengering Tangan Bisa Membunuh Virus Corona? Ini Penjelasannya Jangan salah kaprah tentang kabar mesin pengering tangan yang rumornya bisa membunuh virus corona (foto: bestlifeonline)

DI tengah pandemi virus corona, banyak informasi simpang siur yang beredar tentang cara membunuh virus COVID-19 tersebut. Salah satunya dengan mesin pengering tangan. Terkait hal itu kamu jangan lantas percaya begitu saja.

Baca Juga:

Sekolah Diliburkan Karena Corona? Ini Deretan Situs Belajar Online yang Bisa Kamu Akses


Dilansir dari laman alodokter, mencuci tangan dengan benar merupakan langkah sederhana tapi efektif untuk mencegah infeksi virus corona. Usai mencuci tangan, kamu dianjurkan untuk segera mengeringkannya.

Rutin mencuci tangan sangat dianjurkan untuk mencegah penularan virus corona (Foto: pixabay/mylene2401)

Hal itu lantaran virus dan kuman termasuk virus corona, lebih mudah menempel pada permukaan tangan yang basah.

Kamu bisa mengeringkan tangan menggunakan tisu atau handuk ataupun mesin pengering. Terkait rumor yang menyatakan bahwa mesin pengering bisa membasmi virus Corona, tak sedikit orang yang percaya, dan lebih memilih untuk mengeringkan tangan dengan mesin tersebut ketimbang dengan tisu.

Baca Juga:

Daftar Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Lebih Baik

Mesin pengering tangan faktanya tak mampu membunuh virus corona (Foto: worlddryer)

Faktanya, mesin pengering tangan tak mampu membunuh virus corona. Mesin itu sebetulnya hanya menarik udara sekitar dan menyemburkannya kembali dengan kecepatan tinggi.

Sebagian mesin bisa menghangatkan udara yang ditarik sebelum disemburkan. Tapi ini tak serta merta bisa membunuh kuman atau virus di tanganmu.

Untuk upaya mencegah penularan virus corona, kamu dianjurkan untuk rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Jika tidak tersedia, hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen bisa digunakan sebagai alternatifnya.

Mengeringkan tangan usai mencuci tangan memang bisa menurunkan risiko terjadinya penularan virus corona. Tapi, anggapan bahwa mesin pengering tangan bisa membunuh virus corona hanyal hoaks atau berita bohong.

Saat ini, di tengah kepanikan masyarakat akan virus corona, wajar jika banyak beredar informasi simpang siur tentang virus tersebut. Tapi sebaiknya kamu harus lebih bijak dalam memilih informasi yang bisa dipercaya atau tidak. Jika perlu, tanyakan langsung pada dokter tentang kebenaran informasi yang kamu terima. (Ryn)

Baca juga:

Makanan Nikmat yang Bisa Redakan Flu

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH