Mesin Ini Bisa Bikin Kamu 'Sober' 3 Kali Lebih Cepat

annehsannehs - Minggu, 15 November 2020
Mesin Ini Bisa Bikin Kamu 'Sober' 3 Kali Lebih Cepat
Jangan berkendara ketika tipsy. (Foto Unsplash/Maksym Kaharlytski)

RENCANA awal hanya minum satu atau dua gelas wine, tetapi obrolan yang seru dan live music yang asik membuatmu terpaksa nambah bergelas-gelas lagi sehingga kamu menjadi agak tipsy.

Nah, jika kamu adalah tipe orang yang suka kebabalasan minum alkohol, perangkat ini mungkin bisa berguna untukmu. Dilansir dari Daily Mail, para ilmuwan telah menciptakan sebuah mesin yang membuat orang mabuk cepat sober alias sadar tiga kali lebih cepat.

Jadi, para penggunanya akan dibuat mengalami hiperventilasi dengan cara bernapas keras dan cepat sambil menggunakan masker yang memberikan karbon dioksida dari tangki.

Karbon dioksida disuplai dari tangki seukuran koper. (Foto Daily Mail)
Karbon dioksida disuplai dari tangki seukuran koper. (Foto Daily Mail)

Dilansir dari Dailymail, hiperventilasi dilakukan untuk mengeluarkan alkohol dari paru-paru. Semakin cepat dan dalam kamu bernapas, semakin banyak alkohol yang dikeluarkan.

Meski begitu, bernapas dengan cepat dan sering mampu mengeliminasi karbon dioksida pada darah bersamaan dengan alkohol. Ini mampu menyebabkan gejala pusing bahkan pingsan.

Nah, mesin ini berfungsi untuk mencegah gejala-gejala tersebut dengan cara menyuplai karbon dioksida dari tangki.

BACA JUGA:

Benarkah 1 dari 5 Pasien Sembuh Corona Mengalami Gangguan Mental?

Mesin ini awalnya dikembangkan untuk membantu mengatasi pasien yang keracunan karbon monoksida, mempercepat pemulihan dari anestesi, dan untuk membantu mereka yang berisiko tinggi mengalami keracunan alkohol.

Meski begitu, para ilmuwan juga mengatakan bahwa mesin ini juga bisa digunakan untuk para peminum alkohol yang ingin menjadi sober lebih cepat setelah mabuk.

Untuk membuktikan kinerja mesin ini, para ilmuwan melakukan sebuah penelitian kecil yang melibatkan lima orang laki-laki yang diberikan setengah gelas besar vodka. Para responden terbukti mampu sadar dari alkohol alias sober tiga kali lebih cepat ketika menggunakan mesin ini dibandingkan mereka yang tidka menggunakan mesin.

Baca Juga:

Jangan Panik saat Musim Flu, Ini Urutan Gejala COVID-19

"Ini merupakan teknologi simpel yang sangat biasa dan bisa dibuat dimana saja. Hampir tidak bisa dijelaskan kenapa kita tidak mencoba hal ini dari beabad-abad lalu," ungkap ketua penelitian Toronto General Hospital Research Institute, Dr Joseph Fisher pada jurnal yang dimiliki Scientific Reports.

Tetap usahakan untuk tidak mengonsumsi alkohol terlalu banyak. (Foto Unsplash/Kym Ellis)
Tetap usahakan untuk tidak mengonsumsi alkohol terlalu banyak. (Foto Unsplash/Kym Ellis)

Perkiraannya, mesin ini mampu mengeluarkan seluruh alkohol dari sistem tubuh manusia selama 45 menit, bukan dua atau tiga jam seperti rata-rata biasanya. (SHN)

BACA JUGA:

Cerita Calon Pengantin Harap-Harap Cemas Nikah Saat Pandemi COVID-19

Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan