Mesin Cuci Bukaan Depan dan Bukaan Atas, Mana yang Lebih Baik?

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 31 Oktober 2023
Mesin Cuci Bukaan Depan dan Bukaan Atas, Mana yang Lebih Baik?
Setiap model memiliki fitur, kebutuhan energi, dan kebutuhan ruang yang berbeda-beda. (freepik/Lifestylememory)

MENDAPATKAN mesin cuci terbaik bisa memakan waktu. Jika kamu mempertimbangkan memutuskan antara mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas, panduan ini akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing mesin cuci sehingga kamu mendapat informasi lengkap.

Bila kamu ingin menghemat energi atau menginginkan mesin cuci yang mampu menangani beban besar, untuk semua kebutuhan itu ada mesin cuci yang bisa memenuhinya.

Baca Juga:

5 Pakaian yang Pantang Masuk Mesin Cuci

mesin
Gerakan 'tumbling' yang digunakan mesin cuci bukaan depan untuk membersihkan pakaian. (freepik/freepik)

Bukaan depan


Mesin cuci ini menggunakan putaran pembersihan yang lebih lembut dan menyeluruh dibandingkan mesin cuci bukaan atas, dan meskipun memerlukan waktu lebih lama untuk mencuci dibandingkan mesin cuci bukaan atas, mesin ini sebenarnya lebih hemat energi.

“Mesin cuci bukaan depan cenderung 25 hingga 50 persen lebih hemat energi dibandingkan mesin cuci bukaan atas,” kata pakar peralatan rumah tangga Myles Robinson yang juga pemilik Boiler Central seperti diberitakan Real Simple.

Gerakan tumbling yang digunakan mesin cuci bukaan depan untuk membersihkan pakaian inilah yang menjadikannya sangat efektif.

“Mesin cuci bukaan depan sering kali memberikan kinerja pembersihan yang lebih baik karena putaran drumnya yang horizontal, yang memungkinkan pakaian terjatuh dan diputar dengan lebih efektif,” kata kepala pemasaran di Designer Appliances Joelle Battista.

Mesin cuci bukaan depan juga menggunakan lebih sedikit air dibandingkan mesin cuci bukaan atas dan memerlukan lebih sedikit deterjen. Mesin ini juga berputar lebih cepat dibandingkan mesin bukaan atas, sehingga menyerap lebih banyak air dari pakaian, sehingga mengurangi waktu pengeringan.

Baca Juga:

Tarsok Sampai Pakaian Numpuk Ternyata Enggak Baik Bagi Kesehatan

mesin
Mesin cuci bukaan atas mencuci lebih cepat dibandingkan mesin cuci bukaan depan. (Unsplash/No Revisions)

Bukaan atas


Mesin cuci bukaan atas memiliki ruang bongkar muat di bagian atas mesin, dan menggunakan gerakan memutar untuk membersihkan pakaian. Mesin ini biasanya memiliki kapasitas muat yang besar karena drumnya lebih lebar dibandingkan mesin bukaan depan.

Mesin bukaan atas populer karena harganya yang terjangkau dan kemudahan penggunaannya. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki masalah punggung. Mesin ini sering kali lebih mudah digunakan dibandingkan mesin bukaan depan karena tidak memerlukan banyak membungkuk.

Mesin cuci bukaan atas menggunakan agitator atau impeler untuk membersihkannya. Agitator dapat bekerja lebih baik pada pakaian yang sangat kotor.

Mesin cuci bukaan atas mencuci lebih cepat dibandingkan mesin cuci bukaan depan, sehingga lebih cocok untuk orang-orang yang sering terburu-buru.

“Mereka memiliki siklus pencucian yang lebih pendek (biasanya hanya 15 hingga 30 menit), yang dapat bermanfaat jika kamu sedang terburu-buru dan ingin pakaian dicuci sesegera mungkin,” kata Robinson.

Selain itu, alat ini lebih mudah digunakan dibandingkan mesin bukaan depan karena tidak memerlukan banyak membungkuk untuk memasukkan atau mengeluarkan pakaian.

Mana yang lebih baik?


Mesin cuci adalah investasi besar, dan memilih mesin yang tepat sangatlah penting. Saat berbelanja peralatan, periksa ulasan dan fitur serta pertimbangkan kebutuhanmu.

Mesin cuci bukaan depan mungkin merupakan pilihan terbaik jika kamu lebih mementingkan pencucian berkualitas tinggi dan efisiensi energi. Namun, mesin bukaan atas mungkin cocok jika kamu menginginkan biaya awal yang lebih rendah, waktu pencucian yang lebih singkat, dan kapasitas untuk muatan yang besar.

Selain itu, perlu diingat bahwa dalam setiap kategori, model yang berbeda akan memiliki fitur, kebutuhan energi, dan kebutuhan ruang yang berbeda-beda.

Misalnya, ada mesin cuci bukaan atas yang hemat energi, dan mesin cuci bukaan depan berkapasitas besar. Secara umum, mesin cuci bukaan depan unggul dalam hal kinerja dan efisiensi energi.

Namun, jika biaya awal menjadi kekhawatiran terbesar, mesin cuci bukaan atas mungkin merupakan pilihan terbaikmu. (aru)

Baca Juga:

Sisi Lain Laundry Pod

#Sains #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan