Mesin Bersih, Engine Flush Solusinya Jangan lupa pakai 'engine flush' saat ganti oli (Foto: Pexels/Mike)

HAYO, kalau pas ganti oli di bengkel, ada yang lupa tidak? Mobil kesayangan memang harus rutin ganti oli. Biar mesin jadi enteng. Namun, cuma rajin ganti oli saja tidak cukup lho. Kamu masih perlu melakukan perawatan lain untuk mobilmu, yaitu pemberian engine flush.

Sangat penting menggunakan engine flush pada mesin mobil. Fungsinya untuk membersihkan kotoran yang melekat pada mesin mobil.

Baca juga:

Biar Cutting Sticker Awet, Jangan Dilap!

"Engine flush berguna untuk merontokkan kotoran di dalam mesin, yang tak bisa larut saat oli dibuang," ujar Steve, pemilik Bengkel Wiguna Auto Service di Jl. Bintaro Utama blok HI2 No.5, Tangerang Selatan sebagaimana dilansir dari kabaroto.com.

Jangan sembarangan pula menggunakan produk engine flush. Biar mesin mobil bersih maksimal, gunakan produk engine flush yang berkualitas. Contohnya produk Wealthy yang ramah untuk mesin. "Engine flush Wealthy tidak merusak komponen metal di jeroan mesin," tambah Steve.

Harga engine flush cukup kompetitif. Setiap kemasannya berisi 175 ml. Tak perlu khawatir bagi kamu yang memiliki mobil dengan kapasitas mesin besar. Setiap isi kemasan engine flush dapat membersihkan mesin mobil berkapasitas 2.000 cc atau sekitar 4 liter oli.

Baca juga:

Merawat Sendiri Jok Kulit Mobil

Namun, untuk kapasitas mesin di atas 2.000 cc, kamu membutuhkan ukuran kemasan engine flush yang lebih besar, misalnya ukuran 250 ml.

Mesin mobil bersih menyeluruh dengan engine flush (Foto: Pexels/Mike)

Cara pengaplikasian engine flush juga tidak ribet. Kamu cukup menuangkannya saat mesin mobil mati, sebelum oli lama diganti. Setelahnya, nyalakan mesin selama kurang lebih 10 menit. "Ini berguna agar engine flush dapat bersirkulasi di jeroan mesin dan merontokkan kotoran," imbuhnya dengan ramah.

Langkah selanjutnya, setelah mesin menyala selama 10 menit, matikan kembali. Barulah buang oli lama hingga benar-benar habis. Oh iya, kamu tidak perlu menyemprot lubang pengisian oli dengan udara bertekanan. "Udara di tiap kompresor pasti mengandung air, walau sedikit. Jadi kita mengurangi risiko air masuk ke ruang mesin," Steve mengingatkan.

Oli baru pun siap kamu tuang setelah tempat pengisian oli bersih. Jika kamu rutin menggunakan engine flush, mesin mobil akan selalu bersih, dan tentunya awet.

Yuk rawat mesin mobilmu dengan engine flush sahabat Merah Putih! (ikh)

Baca juga:

Dongkrak Elektrik, Hemat Tenaga

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH