Mesin ATM Berpotensi Membahayakan Kesehatan, ini Alasannya Banyak bakteri menempel di mesin ATM. (foto: pixabay/jarmoluk)

TOILET umum jorok bukan rahasia lagi. Mendengar kata toilet umum saja mungkin sudah membuat kamu bergidik jijik. Namun, ternyata masih ada tempat lain yang sama joroknya dengan toilet umum, tapi kamu enggak menyadarinya. Ya, sebuah penelitian mengungkapkan mesin ATM ternyata sama kotornya dengan toilet umum.

Penelitian yang dilakukan BioCote, sebuah perusahaan pemasok teknologi antimikroba dari Amerika Serikat, menemukan bakteri yang bersemayam di permukaan mesin ATM hampir sama banyaknya dengan yang ada di toilet.

Hasil temuan itu disimpulkan setelah peneliti mengambil sampel dari bantalan tombol angka pada mesin ATM di sejumlah area di Inggris. Tentu saja ATM itu sudah digunakan oleh ribuan orang. Tim peneliti selanjutnya mengambil sampel dari dudukan toilet dengan cara yang sama.. Tujuannya, membandingkan kedua sampel bakteri tersebut di bawah mikroskop laboratorium.

scam
Banyak tangan yang menyentuh ATM.(foto: pixabay/mrganso)

Setelah kedua sampel dibiarkan semalam, sampel dari ATM maupun dudukan toilet menunjukkan pertumbuhan bakteri Pseudomonas dan Bacillus yang diketahui menyebabkan penyakit dan diare.

Sayangnya, penelitian itu tidak menyebutkan berapa jumlah pasti bakteri yang ada di mesin ATM. Sebagai perbandingan nih, studi terdahulu dari University of California mengungkapkan bahwa ada sekitar 50 bakteri per 0,1 meter kuadrat luas permukaan dudukan toilet. Bisa bayangkan ada berapa banyak totalnya kan?

Telepon umum juga menyimpan banyak kuman. (foto: pixabay/stocksnap)

Sama dengan toilet umum, mesin ATM setiap harinya digunakan orang berbeda-beda. Tangan-tangan yang belum tentu bersih atau bebas dari bakteri itulah yang digunakan memencet tombol ATM. Tidak mengherankan jika ATM menjadi sumber bakteri yang amat banyak. Tombol angka di mesin ATM menempati posisi ke-10 sebagai fasilitas umum yang menjadi sumber bakteri.

Tempat-tempat lain yang dianggap sebagai sarang bakteri, di antaranya halte bus, stasiun kereta, telepon umum, kursi bus, hingga mesin uang. Wah, kamu mesti rajin-rajin cuci tangan nih biar bakteri enggak masuk tubuh dan bikin kamu sakit.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH