Meriahnya Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat di Sumba

Rina GarminaRina Garmina - Sabtu, 08 Juli 2017
Meriahnya Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat di Sumba
Festival Tenun Ikat di Sumba diikuti 150 penenun. (Foto: ANTARA/Kornelis Kaha)

Sandelwood. Kuda yang terkenal kuat dan lincah ini merupakan ciri khas Sumba. Sebagai ciri khas Sumba, Sandelwood pun diparadekan. Tak tanggung-tanggung, 250 ekor kuda dari empat kecamatan di Sumba Timur dilibatkan dalam pawai bernama "Parade 1001 Kuda Sandelwood" tersebut.

Kuda-kuda ini tentu saja dikawal para joki andal dari berbagai wilayah di Pulau Sumba. Ini adalah pertamakalinya Parade 1001 Sandelwood digelar. Parade yang berlangsung sejak 3 hingga 12 Juli 2017 itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan "Wonderful Sumba Island Festival 2017" yang bertujuan untuk mempromosikan budaya sekaligus pariwisata Pulau Sumba.

Pawai dimulai dari Sumba Timur. Kemudian berpindah ke Anakalang Waibakul, Sumba Tengah. Setelah itu dilanjutkan ke Waikabubak, Sumba Barat, dan berakhir di Tambolaka, Sumba Barat Daya. Parade 1001 Kuda Sandelwood ini dipadukan pula dengan Festival Tenun Ikat yang diadakan pada 12-17 Juli 2017 di Sumba Barat Daya.

Festival ini dimeriahkan 150 penenun dari sejumlah kecamatan di Sumba Barat. "Kita sudah siapkan kurang lebih 150 penenun dari setiap kecamatan di kabupaten ini," ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sumba Barat, Meti Dapawole Monteiro.

Para penenun, termasuk Katrina dari Desa Tematana, Kecamatan Loli, sengaja membawa kain tenun yang belum selesai agar dapat menunjukkan cara menenun kain tenun Sumba kepada para pengunjung.

Para penenun itu menempati area khusus di Manda Elu. Tertarik menyaksikan parade kuda Sandelwood dan festival tenun ikat tersebut? Anda masih punya waktu hingga tanggal 17 Juli 2017 kok.

Jika berkunjung ke Sumba, jangan lupa mampir ke pantai-pantai yang ada di artikel ini: Lima Pantai Indah Dan Elok Di Pulau Sumba.

#Kuda Sandelwood #Pulau Sumba #Tenun Ikat Sumba
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan