Otomotif

Meredam Suara, Tingkatkan Kualitas Akustik Mobil

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 05 Juni 2021
Meredam Suara, Tingkatkan Kualitas Akustik Mobil
Ragam peredam suara sesuai kebutuhannya. (Foto: KabarOto)

SAAT ini tren baru hadir dalam dunia otomotif. Para pemilik mobil mulai menambahkan peredam pada mobilnya dengan tujuan agar lebih kedap dari suara luar. Salah satu keuntungannya adalah suara audio mobil terasa lebih jelas.

Tak ada yang salah dengan pemasangan peredam suara ini. Namun pemasangan peredam itu harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Perlu diketahui dalam peredam akustik itu ada 3 fungsi dasar yakni absorb (menyerap), diffusion (mengacak), dan reflect (memantulkan) suara.

Baca Juga:

Road Trip Pakai Mobil Listrik, Kenapa Tidak?

mobil
Peredam suara untuk memblok kebisingan dari luar kabin. (Foto: Unsplash/Alexander Popov)

“Fungsi dari akustik ini membuat peredam dengan fungsinya masing-masing. Misalnya ingin meredam suara dari luar. Kita akan gunakan peredam alumunium butyl pada bidang plat untuk menebalkan platnya. Contoh lain peredam panas, kita akam gunakan peredam dengan busa keras ditambah alumunium foil,” jelas Harten Widjaja, owner dari Audio Tones pada KabarOto.

Selanjutnya ada peredam seperti busa, memiliki sifat absorb atau menyerap suara. “Contoh peredam busa, kita akan pasang di bawah dasbor (fire wall). Fungsinya untuk menyerap suara dari mesin,” jelas pria ramah itu.

Begitu juga ada peredam bawaan mobil, bahannya mirip seperti busa. Peredam ini memiliki fungsi bukan untuk mengurangi gangguan suara luar, namun lebih kepada mengurangi suara dari plat dan doortrim yang bersentuhan.

“Semua jenis peredam sebenarnya memiliki fungsi, namun kita harus menyesuaikan dan bagaimana cara pemasangannya,” jelasnya.

Penggunaan peredam atau penambahan peredam di mobil, lebih kepada untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Meminimalisir gangguan suara dari luar kabin, suara mesin dan road noise (suara dari spatbor saat mobil berjalan). Jadi tinggal disesuaikan mana yang paling dibutuhkan untuk kenyamanan berkendara.

Baca Juga:

Filter Mobil Harus Dicek Setelah Libur Lebaran

Audio Mobil

mobil
Peredam suara dapat memaksimalkan akustik di dalam kabion. (Foto: Unsplash/Mpho Mojapelo)

Cara paling mudah untuk memperbaiki kualitas audio di mobil adalah dengan menambahkan processor, subwoofer aktif serta peredam. “Mobil baru umumnya sudah mendapat head unit, dua speaker depan dan dua speaker belakang. Saran saya untuk upgrade audio itu lebih kepada processor built in amplifier ditambah subwoofer kolong, dan peredam di area yang memiliki speaker,” ujar Harten Widjaja selaku owner Audio Tones pada KabarOto.

Tidak perlu pusing harus ganti speaker, menurutnya speaker bawaan pabrik sudah baik untuk penggunaan harian. “Sejelek-jeleknya speaker, itu masih berbunyi. Di sini dibutuhkan teknik dari instalatur untuk membuat speaker standar menjadi maksimal. Otomatis apabila kita ingin up-grade audio, kita cukup menambahkan saja dan tidak perlu mengganti,” jelas Harten.

Penambahan processor akan meningkatkan posisi suara. Kelebihannya adalah mengubah tata suara yang dihasilkan dari speaker standar mobil. Pemasangannya tanpa mengubah struktur asli kabel standar audio di mobil. Begitu juga dengan subwoofer kolong yang tidak harus membongkar sistem audio standar.

Sementara penambahan subwoofer aktif berguna untuk menghadirkan suara gebukan bas yang lebih kuat. Ini berguna untuk lebih mendapatkan kesan dinamis dari lagu yang diputar. (*)

Baca Juga:

Mendongkrak Mobil itu Mudah

#Mobil #Otomotif #Tata Suara
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan