Merdesa Nikmatnya Makan tanpa Sendok Garpu

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 26 Agustus 2022
Merdesa Nikmatnya Makan tanpa Sendok Garpu
Makan pakai tangan lebih sehat dan nikmat. (Foto: Unsplash/Aditya Nara)

ORANG Indonesia terbiasa makan tanpa alat makan seperti sendok dan garpu alias makan pakai tangan. Budaya itu nampaknya memang sudah begitu mengakar di Indonesia, hampir seluruh suku mungkin terbiasa dengan kebiasaan makan pakai tangan.

Budaya makan pakai tangan mungkin bukan hanya milik orang Indonesia saja, sejumlah negara lain di Asia sepertinya juga memiliki kebiasaan makan pakai tangan. Sebut saja India. Bukan hanya makan, kita mungkin sering melihat konten orang India memasak atau membuat makanan tanpa menggunakan alat masak.

Uniknya, budaya tersebut kini juga sudah mulai dicoba salah satu musisi dunia, Jason Derulo. Ia baru-baru ini berkunjung ke Bali, dan seorang food vlogger asing bernama Laurence Benson mengajak Derulo untuk mencoba sejumlah hidangan kuliner khas Indonesia.

Dalam sebuah video yang diunggah Benson ke akun TikTok dan Instagramnya, Derulo diminta untuk mencoba nasi goreng yang dilengkapi dengan telur ceplok. Ia sempat meminta garpu untuk memakan sepiring nasi goreng itu, namun Benson menjelaskan bahwa orang Indonesia biasa memakan hanya dengan tangan.

Baca juga:

Makan Pakai Tangan, Kebiasaan Orang Indonesia yang Banyak Manfaatnya

Derulo sempat terkejut, namun Ia memutuskan tetap mencoba memakannya dengan tangan meski sedikit kebingungan bagaimana caranya. Lahapan pertama, wajah Derulo terlihat terkejut sambil menggelengkan kepalanya, mengatakan ia merasa sulit percaya terhadap cita rasa nasi goreng itu.

"Bahkan makan pakai tangan menambah pengalaman unik (menikmati hidangan ini)," kata Derulo sembari mengunyah.

Pelantun lagu Swalla itu kemudian diminta untuk memberikan nilai terhadap nasi goreng yang dimakannya. Tak ragu-ragu, ia memberikan nilai 10 dari 10 untuk nasi goreng, sambil memberikan dua jempol dan mengatakan "enak!"

Beberapa makanan Indonesia memang sepertinya lebih nikmat dimakan dengan tangan, seperti nasi padang, nasi campur, ayam bakar, pecel lele, nasi liwet, martabak, dan sebagainya.

Baca juga:

Makan Tanpa Sendok-Garpu Lebih Nikmat

Makan pakai tangan beri manfaat kesehatan. (Foto: Pexels/Taha Samet Arslan)

Lagi pula, makan pakai tangan memang lebih baik dari segi medis menurut Journal Appetite. Diungkapkan bahwa makan pakai tangan lebih sehat karena adanya bakteri baik yang menempel pada jari setiap orang.

Dalam setiap makanan, terdapat mikroba yang cukup berbahaya untuk tubuh dalam jangka panjang. Ukurannya yang sangat kecil membuat mata sulit melihat keberadaan mereka. Bakteri baik dari jari manusia dapat menangkal efek samping berbahaya dari mikroba-mikroba itu.

Selain itu, tangan juga bisa menjadi sensor suhu untuk mencegah agar lidah tidak terbakar akibat makanan yang masih terlalu panas. Saat tangan dirasa terlalu panas saat memegang makanan, kita akan menunggu sesaat hingga makanan lebih aman untuk disantap. Kamu jelas tidak bisa melakukannya dengan sendok dan garpu.

Kelebihan lain makan pakai tangan adalah kamu akan lebih memperhatikan jumlah makanan yang kamu santap. Terbatasnya tangan untuk membawa makanan dalam satu lahapan akan membuat kamu makan secara perlahan, dan kemudian kamu akan lebih cepat kenyang. (waf)

Baca juga:

Sssttt...Kebiasaan Makan Pengaruhi Kesehatan Mental

#Agustus Warga +62 Merdesa #Makanan #Tradisi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan