Merci Arsene Wenger

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 20 April 2018
Merci Arsene Wenger
Arsene Wenger. Foto: ist

MerahPutih.com - Setelah melatih 22 tahun Arsenal, Arsene Wenger memilih untuk mengakhiri kerja sama dengan Meriam London pada akhir musim ini.

Masa depan Wenger bersama Arsenal memang berada di ujung tanduk setelah gagal membawa The Gunners berprestasi di Premier League musim ini kendati bisa mencapai semifinal Liga Europa.

Pelatih asal Prancis itu memang sudah tidak lagi diidam-idamkan oleh suporter Arsenal. Pasalnya, dalam beberapa musim terakhir, klub London Utara itu gagal bersaing dengan para rivalnya di kompetisi domestik.

Arsene Wenger. Foto: ist

Wenger memilih mundur lebih cepat dari kursi kepelatihan Arsenal kendati masih memiliki kontrak setahun lagi. Tampaknya, Wenger sudah gerah dengan tekanan-tekanan yang diberikan fans yang menuntutnya untuk segera meninggalkan Emirates Stadium.

"Saya bersyukur karena memiliki hak istimewa untuk melayani klub selama bertahun-tahun yang tidak akan pernah terlupakan," kata Wenger di halaman resmi klub, Jumat (20/4).

"Saya mengelola klub dengan komitmen dan integritas penuh," sambungnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada staf, para pemain, direksi, dan fans yang membuat klub ini begitu istimewa. Untuk semua fans Arsenal, jagalah nilai-nilai klub," pinta Wenger.

Selama melatih Arsenal, Wenger memberikan tiga gelar Premier League dan tujuh FA Cup, termasuk double winner pada tahun 1998 dan 2002.

Arsene Wenger. Foto: RTE

Wenger menangani The Gunners sejak 1 Oktober 1996. Ia menjadi manajer yang paling lama berkarier di Liga Inggris. Pelatih yang dijuluki "The Professor" ini mencatatkan rekor 823 pertandingan.

Kekalahan dari Newcastle United akhir pekan lalu membuat fans sudah gerah dengan pencapaian Wenger. Hasil itu membuat mereka tertinggal 33 poin di belakang sang juara musim ini Manchester City.

Arsenal untuk pertama kalinya gagal finis di empat besar klasemen sejak Wenger mengambil alih klub, dan sekarang Mesut Oezil dan kawan-kawan hampir dipastikan kembali gagal bermain di Liga Champions musim depan karena tertinggal 14 poin dari Tottenham Hostpur yang duduk di posisi keempat dengan loma pertandingan tersisa.

Arsenal bisa bermain di Liga Champions jika mampu menjuarai Liga Europa musim ini. Tetapi, Aaron Ramsey dan kawan-kawan harus terlebih dahulu menyingkirkan Atletico Madrid di semifinal.

Pasang surut Wenger

Karier Wenger bersama Arsenal tidak selalu mulus meskipun dalam sembilan musim pertamanya sebagai pelatih mempersembahkan tiga gelar Liga Premier dan empat trofi FA Cup.

Pada musim 2003-04, mantan arsitek Nagoya Grampus Eight ini menjadi manajer oertama sejak 1988-89 memimpin klub top Inggris dengan catatan tak terkalahkan.

Namun, setelah memenangkan Piala FA 2005, mereka menunggu sembilan tahun lagi untuk angkat piala setelah sukses mengalahkan Hull City untuk memenangkan FA Cup 2014.

Wenger memenangkan Piala FA ketujuh musim lalu seusai mengalahkan Chelsea 2-1 di Wembley. Namun, mereka harus berada di belakang The Blues yang menjadi juara musim lalu.

Arsene Wenger angkat trofi FA Cup 2014. Foto: Ist

Mereka tersingkir di babak 16 besar untuk musim ketujuh berturut-turut pada penampilan terakhir mereka di kompetisi tahun 2017, kalah 10-2 secara agregat oleh Bayern Muenchen.

Meskipun haus gekar juara Liga, Arsenal terus mendatangkan pemain baru. Wenger sudah dua kali memecahkan rekor transfer klub musim ini.

Arsenal mendatangkan striker Prancis Alexandre Lacazette di bursa musim panas dengan mahar 46,5 juta poundsterling. Kemudian, pada awal tahun ini, Arsenal membeli Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund.

Siapa pengganti Wenger

Sosok pengganti Wenger tertuju pada mantan manajer Borussia Dortmund, Thomas Tuchel. Namun, Wenger mengatakan mantan gelandang Arsenal, Patrick Vieira "memiliki potensi" untuk menggantikannya.

Thomas Tuchel

Tuchel berada di posisi terdepan untuk menggantikan Wenger. Ia mengungguli pelatih timnas Jerman Joachim Low serta mantan manajer Real Madrid, AC Milan, dan Chelsea Carlo Ancelotti.

#Arsenal #Arsene Wenger
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan