Mercedez-Benz dan NVIDIA Siap Ciptakan Mobil Tercanggih di Dunia Menyematkan fitur-fitur terbaru dari NVIDIA. (Foto: The Verge)

TEROBOSAN teknologi baru kembali terjadi. Mercedes-Benz dan produsen prosesor grafis NVIDIA akan bekerjasama untuk menciptakan mobil tercanggih di dunia.

Mercedes-Benz sengaja menggandeng NVIDIA untuk mewujudkan visinya membuat kendaraan generasi berikutnya. Fitur tersebut nantinya terdiri dari pembaruan perangkat lunak 'over the air' hingga 'mengemudi otomatis'.

Baca juga:

Peluit Milik Petugas Kapal Titanic Laku Rp53 Juta

Melansir laman Variety, pernyataan tersebut disampaikan melalui konferensi pers pada Rabu (24/6). Prosuden mobil asal Jerman tersebut memiliki visi untuk mulai meluncurkan teknologi baru di seluruh armadanya pada 2024 mendatang.

Rencana ini sudah ditetapkan sejak hari pertama CES 2019 dan sudah disepakati oleh Wakil Presiden Eksekutif Mercedes-Benz Sajjad Khan dan CEO NVIDIA Jensen Huang. "Kami mengumumkan kemitraan baru ke depan, menciptakan komputer yang mendefinisikan masa depan kendaraan, masa depan AI, dan masa depan mobilitas," kata Huang.

NVIDIA dan Mercedes-Benz sudah bekerjasama semenjak di CES 2019. (Foto: NVIDIA)

Terobosan baru ini akan didasari pada 'system on a chip' dari teknologi Orin. NVIDIA juga akan menggunakan perangkat lunak AGX Drive dari perusahaan yang berbasis di San Jose, California.

Mobil ini akan mencakup sistem mengemudi otomatis, termasuk sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut, seperti Tesla Autopilot dan Cadillac Super Cruise, serta fungsi parkir tanpa pengemudi.

Huang menggambarkan sebuah sistem tunggal yang menyediakan kemampuan mengemudi otomatis dan fungsi kokpit pintar untuk menggantikan puluhan prosesor di dalam mobil saat ini.

Kedua perusahaan besar ini mengatakan bahwa mobil di masa depan harus ditentukan oleh perangkat lunak, mulai dari membuat perangkat lunak tersebut pada hari ini, mengantisipasi perangkat lunak, dan membangun arstitektur komputasi untuk mengaktifkannya.

Baca juga:

HarmonyOS, Sistem Operasi Huawei yang akan Bersaing di Pasar Global

"Komputer mobil ini akan melakukan hal-hal yang tidak ada di komputer yang ada saat ini secara harafiah," lanjut Huang.

Ini bukanlah kali pertama kedua perusahaan ini bekerjasama. Semenjak CES 2019, Khan dan Huang meluncurkan kokpit masa depan, yakni Mercedes-Benz User Experience (MBUX). MBUX menyematkan AI ke dalam sistem mengemudi dan sekarang sudah terdiri dalam tujuh model mobil.

Di Juli 2020, Mercedes-Benz dan Bosch mengumumkan upaya bersama untuk mengoperasikan layanan robotaxi di San Jose. Khan mengatakan bahwa NVIDIA adalah mitra yang tepat untuk bekerja bersama mengatasi tantangan besar yang diperlukan.

"Kami membutuhkan mitra yang dapat kami andalkan dan bekerjasama, dan saya senang mengatakan bahwa kami telah menemukannya di NVIDIA. Kemitraan ini telah membawa kami lebih maju dari yang pernah kami bisa," pungkas Khan. (and)

Baca juga:

Gucci Naikkan Harga Barang, Ada Apa?


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH