Demi Perangi Diskriminasi Rasialis, Mercedes Mengganti Warna Mobil Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas akan mengganti warna mobilnya menjadi hitam. (Foto Formula 1)

MERCEDES punya cara sendiri untuk memerangai diskriminasi rasialis terhadap orang kulit hitam.

Dijuluki sebagai the Silver Arrows, Mercedes memutuskan untuk mengganti warna silver khas dari mobil Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas menjadi warna hitam. Penggantian warna itu untuk kejuaraan dunia musim 2020. Dilansir Formula 1, Mercedes juga berjanji meningkatkan keragaman tim mereka.

Silver Arrow. (Foto Silver Arrow)
Padahal djiuluki 'Silver Arrow'. (Foto Silver Arrow)

Sebagai orang kulit hitam pertama yang menjadi bintang di sejarah F1, Hamilton terlihat sangat vokal dalam memperjuangkan gerakan Black lives Matter. Dilansir The Guardian, Hamilton marah besar setelah mendengar pembunuhan George Floyd oleh seorang polisi kulit putih. Untuk melampiaskan kekesalannya, Hamilton ikut serta dalam pawai antirasialisme di London bulan ini.

Baca juga:

4 Motif Tato Dianggap Tatto Artist Pembawa Sial, Apa Saja?

"Ketika berbicara dengan Toto Wolff (Team Principal & CEO Mercedes) mengenai harapanku untuk apa yang bisa kami raih sebagai tim, aku mengatakan sangatlah penting kita bersatu," ungkap Hamiton.

Lewis Hamilton. (Foto The Sun)
Lewis Hamilton dukung gerakan Black Lives Matter. (Foto The Sun)

Wolff ikut buka suara terkait rasialisme dan diskriminasi yang masih terjadi di seluruh dunia. "Rasialisme dan diskriminasi tidak memiliki tempat di lingkungan kami, olahraga kami, atau di tim kami," jelasnya.

Sebagai platform global, Wolff juga berharap mampu menggunakan suara dari perusahaan Mercedes untuk menjunjung tinggi kesetaraan dan penghormatan di seluruh dunia.

Baca juga:

Gowes Makin Kece dengan 3 Wireless Earbuds Terbaik 2020

Di sisi lain, warna hitam dari kendaran Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas menimbulkan masalah lain. Laman Formula 1 menyatakan temperatur mobil diperkirakan bisa mencapai 30 derajat celsius. Tahun lalu, Mercedes telah berjuang dalam temperatur tinggi ketika perlombaan berlangsung. Hasilnya, Bottas finis ketiga dan Hamilton di finis kelima.

Valtteri Bottas juga mengganti warna mobilnya menjadi hitam pada F1 2020.  (Foto Essentially Sports)
Valtteri Bottas juga mengganti warna mobilnya menjadi hitam pada F1 2020. (Foto Essentially Sports)

Pertanyaan itu telah dilayangkan kepada Wolff. Ia menjawab telah melakukan perhitungan terhadap situasi tersebut. " Pada akhirnya, pesan yang terkandung dan pemasaran sangatlah penting. Tetapi jika performa mobil dirusak, itu jelas bukanlah hal yang baik," ungkap Wolff.

Toto Wolff dan Lewis Hamilton. (Foto Vbet News)
Toto Wolff dan Lewis Hamilton. (Foto Vbet News)

Wolff mengatakan Mercedes telah membuat beberapa perhitungan untuk cuaca yang diperkirakan mencapai 30 derajat celsius. Mereka sedang melihat apakah simulasi mereka dengan mobil silver mendapatkan hasil yang berbeda dengan mobil berwarna hitam di sirkuit. (shn)

Baca juga:

Ini Penjelasan Gear 1, 2, 3 dan 6 di Sepeda Brompton

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH