Mercedes-Benz Buka Diler Pertama Khusus Mobil Listrik

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 08 Desember 2022
Mercedes-Benz Buka Diler Pertama Khusus Mobil Listrik
Diler mobil listrik pertama Mercedes-Benz. (Foto: Mercedes-Benz)

PABRIKAN otomotif asal Jerman Mercedes-Benz baru saja membuka diler mobil pertama mereka yang dikhususkan untuk penjualan mobil listrik saja. Uniknya, diler tersebut tidak dibuka di negara asal perusahaan tersebut, melainkan di benua Asia, tepatnya Jepang.

Seperti yang dilaporkan Motor1, Selasa (6/12), Mercedes-Benz menyebut diler teranyar mereka itu sebagai Mercedes EQ Yokohama. Fasilitas baru tersebut terletak di Yokohama, sebuah kota yang berlokasi tepat di sebelah selatan Tokyo di prefektur Kanagawa.

Langkah tersebut nampaknya dilakukan Mercedes-Benz sebagai strategi untuk mempersiapkan diri sebagai pabrikan yang akan sepenuhnya terelektrifikasi pada 2030. Fasilitas tersebut berukuran 1.221 meter persegi, dipersiapkan untuk mampu menampung lima mobil listrik Mercedes.

Baca juga:

Satu Unit Mercedes-Benz EQS Diperkirakan Seharga Lebih dari Rp 1.4 Miliar

Bisa menampung hingga tujuh mobil. (Foto: Mercedes-Benz)

Sebanyak lima mobil Mercedes EQ yang dipamerkan merupakan seluruh dari lini mobil listrik yang dimiliki pabrikan itu, termasuk Mercedes EQS anyar yang menjadi lini unggulan jenama tersebut. Meski hanya lima yang ditampilkan, namun diler tersebut mampu menampung sebanyak tujuh mobil.

Tak hanya itu, bagi pelanggan yang datang dan ingin membeli mobil di sana, bisa mencoba alias test drive mobilnya terlebih dahulu. Bahkan, Mercedes menyediakan tempat untuk menyiapkan mobil yang akan mereka kirim, termasuk dengan tiga unit stasiun pengisian daya CHAdeMO.

Meski mobil listrik mungkin tidak membutuhkan perawatan serumit mobil bermesin bensin, namun ada bengkel lima ruang untuk melayani mobil listrik pelanggan. Ada juga peralatan V2H, semacam stasiun pengisian daya seperti yang terdapat di rumah, untuk menonjolkan gaya hidup kendaraan listrik.

Baca juga:

Peringati 55 Tahun AMG, Mercedes Hadirkan Livery Spesial di Balapan F1 Pekan Ini

Bukan hanya pusat penjualan, tapi juga pusat pelayanan. (Foto: Mercedes-Benz)

Panel surya juga akan dipasang di diler ini, sebagai langkah konkret perusahaan yang mendukung netralisasi ikliim. Mercedes ingin menciptakan diler mobil yang ramah lingkungan, mampu menarik tenaga dari sumber alami dan terbarukan.

Selain pembukaan Mercedes EQ Yokohama, diperkenalkan pula layanan MB Rent. Layanan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pembeli yang berminat tidak hanya untuk menguji coba mobil listrik mereka, tapi juga memiliki alias menyewa mobil listrik Mercedes dalam jangka waktu tertentu.

Saat ini, Mercedes EQ Yokohama dibuka untuk umum, dan pameran pembukaan tengah berlangsung selama lima hari hingga 11 Desember 2022. Ambisi Mercedes untuk mengelektrifikasi lini produksinya pada 2030 nampaknya akan menjadi kenyataan. (waf)

Baca juga:

Mercedes-Benz C Class W206 Naik Kelas

#Otomotif #Mercedes Benz #Mobil Listrik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan