Mercedes-AMG One Pecahkan Rekor di Nürburgring

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 13 November 2022
Mercedes-AMG One Pecahkan Rekor di Nürburgring
Mercedes-AMG One jadi mobil tercepat di Sirkuit Nurburgring. (Foto: Mercedes-AMG)

MERCEDES-AMG One melintasi sirkuit Nordschleife Nurburgring sepanjang 20,8 km dalam waktu 6 menit 35,183 detik, catatan ini memecahkan rekor mobil produksi di lintasan yang terkenal menantang itu. Sebelumnya, Porsche 911 GT2 RS dengan upgrade Manthey Racing memegang rekor dengan waktu 6:43,0 detik. Mercedes-AMG One lebih cepat 7,817 detik, seperti dilaporkan Motor1, Sabtu (12/12)..

Pada lintasan yang sedikit lebih pendek (20,6 km), catatan waktu One adalah 6:30,705 detik. Sebagai perbandingan, pemegang rekor sebelumnya (juga GT2 RS) menempuh jarak itu dalam 6:38,835 detik. Mercedes-AMG One mencetak rekor pada 28 Oktober 2022. Ketika tim memulai, Nordschleife masih memiliki bagian yang basah, termasuk di beberapa area racing line.

Ketika kondisi akhirnya membaik, Mercedes hanya memiliki waktu kurang dari satu jam untuk menguasai lintasan. Pembalap Maro Engel hanya mampu menyelesaikan empat lap cepat. Engel telah mencetak rekor baru sebelum waktu habis, tetapi kondisi lintasan membaik. Ia melakukan satu putaran terakhir dan berhasil melaju lebih cepat lagi.

Baca juga:

Mercedes-AMG Rilis Hypercar 'One', Mobil Sultan Bermesin F1

Mercedes-AMG One jadi penguasa baru Sirkuit Nurburgring. (Foto: Mercedes-AMG)

"Saya tidak menyangka bahwa kami bisa melakukan waktu putaran seperti itu dalam kondisi trek seperti ini. Pada beberapa bagian krusial lintasan, belum sepenuhnya kering dan jadi rumit. Itu adalah tantangan khusus," kata Engel setelahnya.

Mercedes meminta notaris untuk mengkonfirmasi bahwa AMG One ini adalah mobil produksi. Menurut Mercedes, pemiliknya dapat mengatur kendaraan dengan cara yang persis sama seperti mesin pemecah rekor. AMG One memiliki total output 1.063 tenaga kuda yang berasal dari mesin Formula 1.

Mesin yang dipakai adalah V6 1,6 liter dan empat motor listrik. Mobil ini mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam 2,9 detik dan kecepatan 200 kilometer per jam dalam 7,0 detik. Kecepatan tertinggi 352 kilometer per jam.

Baca juga:

Rayakan Ulang Tahun ke-55, Mercedes-AMG Rilis GT3 Edition 55

Berbagai persiapan khusus dilakukan untuk cetak waktu tercepat. (Foto: Mercedes-AMG)

Saat digunakan di Nurburgring, Engel mencapai kecepatan 338 km/jam di bagian panjang Nordschleife, Dottinger Hohe. Mercedes-AMG hanya memproduksi 275 One. Pengiriman hypercar ke pelanggan dimulai pada bulan Agustus dan mobil ini sudah terjual habis.

Tak mengherankan melihat betapa cepatnya mobil itu melaju di lintasan, secepat terjual habisnya oleh para pelanggan. Mobil yang mengambil mesin dan DNA mobil Formula 1 itu dibanderol seharga USD 2,7 juta atau setara dengan Rp 41,7 miliar. (waf)

Baca juga:

Peringati 55 Tahun AMG, Mercedes Hadirkan Livery Spesial di Balapan F1 Pekan Ini

#Otomotif #Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan