Relationship
Merayakan Valentine Baik untuk Hubungan Percintaan, ini Alasannya Ada manfaat di balik merayakan Valentine bersama pasangan. (foto: 123RF/Olga Yastremska)

PASANGAN yang selalau merayakan hari-hari spesial bersama tidaklah berlebihan. Hari spesial bisa apa saja mulai dari merayakan ulang tahun kencan pertama hingga merayakan kesuksesan dalam karier dan pekerjaan sekalipun. Tentunya perayaan Valentine dan ulang tahun juga wajib diisi dengan kemeriahan.

Perayaan-perayaan tersebut tidak berlebihan sama sekali, tapi strategis. Merayakan kehidupan yang dibangun bersama merupakan komponen penting dari kehidupan percintaan bahagia.

Kehidupan percintaan yang membahagiakan tidak terjadi begitu saja. Semua dibangun berdasarkan jumlah usaha. Berikut penjelasan mengenai bagaimana perayaan menjadi jalan menuju kesuksesan hubungan percintaan seperti ditulis Kristen Mark, Ph.D., MPH, CSE, Profesor Pendidikan Kesehatan Seksual di University of Minnesota Medical School, AS dalam artikelnya di Psychologytoday.com, Minggu (14/2).

BACA JUGA:

Pasangan Artis Korea ini Masih Rayakan Valentine Bersama di 2021

1. Perayaan Jadi Kesempatan Quality Time

affection
Saat tepat untuk quality time. (foto: pixabay/pexels)

Untuk orang yang menunjukkan rasa cinta dengan quality time, perayaan hari kasih sayang ini menjadi hal yang sangat penting. Dengan menyisihkan waktu untuk menikmati makan bersama, melakukan aktivitas bersama, menjdi penting di tengah kehidupan yang sibuk. Memprioritaskan waktu untuk pasangan dan hubungan percintaan merupakan cara untuk memelihara rasa dan mempererat kedekatan.

2. Perayaan Memupuk Empati Kegembiraan

people
Menumbuhkan perasaan positif. (foto: pixabay/stocksnap)

Kemampuan untuk mengenali kesempatan, pencapaian, dan usaha pasangan dalam bentuk perayaan merupakan tanda kalau kamu menghormati kesuksesan mereka dan menganggap kesuksesan mereka sebagai milik bersama. Penelitian tentang menumbuhkan empati kegembiraan dalam hubungan telah menunjukkan bahwa cara kamu menanggapi kesuksesan itu penting. Jika pasangan merayakan kesuksesan, artinya kamu menanggapi dengan cara aktif konstruktif.

Ketika sesuatu yang baik terjadi, kamu akan mendengar 'hebat!' atau 'selamat!', itu respons pasif konstruktif. Dengan meluangkan waktu untuk benar-benar merayakan kesuksesan, kamu beralih dari pasif akonstruktif ke aktif konstruktif. Pada saat inilah penanaman empati kegembiraan dimulai.

Sebuah penelitian menunjukkan, kamu harus memanfaatkan momen perayaan sebagai kesempatan untuk memperkuat hubungan. Dan ini kemungkinan besar akan memengaruhi hubungan percintaan. Dengan memupuk empati kegembiraan dalam hubungan, kamu cenderung menumbuhkan perasaan positif terhadap pasangan yang akan memicu kepuasan dan hasrat jauh ke dalam hubungan jangka panjang.

3. Perayaan Merupakan Kesempatan Bersyukur

people
Menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan. (foto: 123RF/Aekkarak Thongjiew)

Perayaan memberimu waktu untuk merenungkan hal-hal yang patut disyukuri. Inilah waktu khusus untuk merasakan dan mengungkapkan rasa syukur itu. Manfaat rasa syukur secara umum dan dalam konteks hubungan telah didokumentasikan dengan baik dalam berbagai penelitian. Menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan terbukti memperkuat hubungan romantis dan meningkatkan koneksi serta kepuasan. Mengungkapkan rasa syukur juga dapat meningkatkan beberapa emosi positif yang terkait dengan hubungan bahagia seperti kebanggaan, harapan, dan kepuasan.

Cara lain merayakan Valentine bisa dengan memberikan kesempatan diri untuk fokus pada hal positif. Saat kamu merayakan bahkan hal-hal kecil, seperti kemenangan kecil di tempat kerja atau berhasi melalui minggu yang sangat sulit, kamu jadi fokus pada kualitas positif pasangan. Penelitian menunjukkan, dengan meluangkan waktu untuk melakukan ini, kamu menjadi lebih selaras dengan kebutuhan dan keinginan pasangan dalam hubungan percintaan. Semakin banyak pasangan memberi dan menerima rasa syukur dalam hubungan, semakin besar investasi yang kamu berdua tempatkan pada kepuasan bersama.

4. Perayaan Bentuk Investasi Hubungan Percintaan

hadiah
Amat membantu keberhasilan percintaan. (foto: 123RF/paulphoto)

Investasi dalam suatu hubungan dapat ditunjukkan dengan cara-cara besar, seperti bertunangan atau menikah, memiliki anak, atau membeli rumah. Namun itu juga bisa ditunjukkan dalam merayakan hidup bersama. Ketika kamu berinvestasi dalam hubungan dengan merayakan hal-hal kecil, semua itu akan terbangun dari waktu ke waktu dan menciptakan dasar kokoh dalam bentuk saling menghargai satu sama lain.

Mengakui bahwa hal-hal kecil itu penting adalah salah satu cara untuk menyampaikan kepada pasangan bahwa kamu berinvestasi dalam mengembangkan hubungan. Teori hubungan yang saling memberi dengan jelas menunjukkan pentingnya memastikan manfaat dalam suatu hubungan lebih besar daripada biaya untuk memfasilitasi investasi relasional.

Merayakan sesuatu seperti ulang tahun kencan pertama atau Hari Valentine bersama adalah perayaan yang kebetulan ditandai di kalender untuk mengingatkan satu sama lain bahwa kamu peduli. Hubungan jangka panjang butuh perjuangan untuk menjaga kesegaran. Menggunakan hari ini sebagai bentuk perayaan bersama akan sangat membantu keberhasilan hubungan percintaanmu.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rotterdam Akan Memiliki Peternakan Ayam Terapung Modern
Fun
Rotterdam Akan Memiliki Peternakan Ayam Terapung Modern

Floating Farm Poultry di pelabuhan Merwehaven akan menampung 7.000 ayam di lingkungan 'ramah-hewan'

Kanker Lambung, Penyakit yang Sulit Dikenali
Fun
Kanker Lambung, Penyakit yang Sulit Dikenali

Meski di Indonesia kasusnya terbilang jarang, kamu harus tetap waspada dengan penyakit ini.

Mendekati Kompetitor Bisnis Bisa Menguntungkan
Hiburan & Gaya Hidup
Mendekati Kompetitor Bisnis Bisa Menguntungkan

Cara bersaing di masa kini telah amat berubah.

Marvel Rilis Trailer Serial ’The Falcon and The Winter Soldier’
ShowBiz
Marvel Rilis Trailer Serial ’The Falcon and The Winter Soldier’

Baru-baru ini Marvel meluncurkan trailer untuk The Falcon and the Winter Soldier.

Puma Gandeng Dua Lipa Jadi Brand Ambassador
Fashion
Puma Gandeng Dua Lipa Jadi Brand Ambassador

Dua Lipa juga akan mengadakan pertunjukan virtual bertajuk Studio 2054.

Tato Baru Hailey Baldwin untuk Justin Bieber
ShowBiz
Tato Baru Hailey Baldwin untuk Justin Bieber

Meskipun kecil dan sederhana, ternyata tato tersebut memiliki makna manis di baliknya.

 Disney dan Lucasfilm Gali Lebih dalam untuk Star Wars
Fun
Disney dan Lucasfilm Gali Lebih dalam untuk Star Wars

Cerita film Star Wars menarik untuk digali lebih dalam.

Pekerja Facebook, Uber, dan Microsoft Mulai Ngantor
Fun
Pekerja Facebook, Uber, dan Microsoft Mulai Ngantor

Tiga perusahaan teknologi akan kembali memberlakukan kerja offline dengan protokol kesehatan sangat ketat,

Tentang Delirium, Gejala Baru COVID-19 pada Pasien Usia Lanjut
Fun
Tentang Delirium, Gejala Baru COVID-19 pada Pasien Usia Lanjut

Lebih dari seperempat pasien di atas usia 65 tahun tiba di ruang gawat darurat dengan mengigau.

Intip 8 Kolaborasi K-Pop & Western Terbaik Sejauh Ini
ShowBiz
Intip 8 Kolaborasi K-Pop & Western Terbaik Sejauh Ini

Beberapa di antaranya sangat populer bahkan masuk jajaran sepuluh besar trending di YouTube.