Relationship
Merayakan Valentine Baik untuk Hubungan Percintaan, ini Alasannya Ada manfaat di balik merayakan Valentine bersama pasangan. (foto: 123RF/Olga Yastremska)

PASANGAN yang selalau merayakan hari-hari spesial bersama tidaklah berlebihan. Hari spesial bisa apa saja mulai dari merayakan ulang tahun kencan pertama hingga merayakan kesuksesan dalam karier dan pekerjaan sekalipun. Tentunya perayaan Valentine dan ulang tahun juga wajib diisi dengan kemeriahan.

Perayaan-perayaan tersebut tidak berlebihan sama sekali, tapi strategis. Merayakan kehidupan yang dibangun bersama merupakan komponen penting dari kehidupan percintaan bahagia.

Kehidupan percintaan yang membahagiakan tidak terjadi begitu saja. Semua dibangun berdasarkan jumlah usaha. Berikut penjelasan mengenai bagaimana perayaan menjadi jalan menuju kesuksesan hubungan percintaan seperti ditulis Kristen Mark, Ph.D., MPH, CSE, Profesor Pendidikan Kesehatan Seksual di University of Minnesota Medical School, AS dalam artikelnya di Psychologytoday.com, Minggu (14/2).

BACA JUGA:

Pasangan Artis Korea ini Masih Rayakan Valentine Bersama di 2021

1. Perayaan Jadi Kesempatan Quality Time

affection
Saat tepat untuk quality time. (foto: pixabay/pexels)

Untuk orang yang menunjukkan rasa cinta dengan quality time, perayaan hari kasih sayang ini menjadi hal yang sangat penting. Dengan menyisihkan waktu untuk menikmati makan bersama, melakukan aktivitas bersama, menjdi penting di tengah kehidupan yang sibuk. Memprioritaskan waktu untuk pasangan dan hubungan percintaan merupakan cara untuk memelihara rasa dan mempererat kedekatan.

2. Perayaan Memupuk Empati Kegembiraan

people
Menumbuhkan perasaan positif. (foto: pixabay/stocksnap)

Kemampuan untuk mengenali kesempatan, pencapaian, dan usaha pasangan dalam bentuk perayaan merupakan tanda kalau kamu menghormati kesuksesan mereka dan menganggap kesuksesan mereka sebagai milik bersama. Penelitian tentang menumbuhkan empati kegembiraan dalam hubungan telah menunjukkan bahwa cara kamu menanggapi kesuksesan itu penting. Jika pasangan merayakan kesuksesan, artinya kamu menanggapi dengan cara aktif konstruktif.

Ketika sesuatu yang baik terjadi, kamu akan mendengar 'hebat!' atau 'selamat!', itu respons pasif konstruktif. Dengan meluangkan waktu untuk benar-benar merayakan kesuksesan, kamu beralih dari pasif akonstruktif ke aktif konstruktif. Pada saat inilah penanaman empati kegembiraan dimulai.

Sebuah penelitian menunjukkan, kamu harus memanfaatkan momen perayaan sebagai kesempatan untuk memperkuat hubungan. Dan ini kemungkinan besar akan memengaruhi hubungan percintaan. Dengan memupuk empati kegembiraan dalam hubungan, kamu cenderung menumbuhkan perasaan positif terhadap pasangan yang akan memicu kepuasan dan hasrat jauh ke dalam hubungan jangka panjang.

3. Perayaan Merupakan Kesempatan Bersyukur

people
Menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan. (foto: 123RF/Aekkarak Thongjiew)

Perayaan memberimu waktu untuk merenungkan hal-hal yang patut disyukuri. Inilah waktu khusus untuk merasakan dan mengungkapkan rasa syukur itu. Manfaat rasa syukur secara umum dan dalam konteks hubungan telah didokumentasikan dengan baik dalam berbagai penelitian. Menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan terbukti memperkuat hubungan romantis dan meningkatkan koneksi serta kepuasan. Mengungkapkan rasa syukur juga dapat meningkatkan beberapa emosi positif yang terkait dengan hubungan bahagia seperti kebanggaan, harapan, dan kepuasan.

Cara lain merayakan Valentine bisa dengan memberikan kesempatan diri untuk fokus pada hal positif. Saat kamu merayakan bahkan hal-hal kecil, seperti kemenangan kecil di tempat kerja atau berhasi melalui minggu yang sangat sulit, kamu jadi fokus pada kualitas positif pasangan. Penelitian menunjukkan, dengan meluangkan waktu untuk melakukan ini, kamu menjadi lebih selaras dengan kebutuhan dan keinginan pasangan dalam hubungan percintaan. Semakin banyak pasangan memberi dan menerima rasa syukur dalam hubungan, semakin besar investasi yang kamu berdua tempatkan pada kepuasan bersama.

4. Perayaan Bentuk Investasi Hubungan Percintaan

hadiah
Amat membantu keberhasilan percintaan. (foto: 123RF/paulphoto)

Investasi dalam suatu hubungan dapat ditunjukkan dengan cara-cara besar, seperti bertunangan atau menikah, memiliki anak, atau membeli rumah. Namun itu juga bisa ditunjukkan dalam merayakan hidup bersama. Ketika kamu berinvestasi dalam hubungan dengan merayakan hal-hal kecil, semua itu akan terbangun dari waktu ke waktu dan menciptakan dasar kokoh dalam bentuk saling menghargai satu sama lain.

Mengakui bahwa hal-hal kecil itu penting adalah salah satu cara untuk menyampaikan kepada pasangan bahwa kamu berinvestasi dalam mengembangkan hubungan. Teori hubungan yang saling memberi dengan jelas menunjukkan pentingnya memastikan manfaat dalam suatu hubungan lebih besar daripada biaya untuk memfasilitasi investasi relasional.

Merayakan sesuatu seperti ulang tahun kencan pertama atau Hari Valentine bersama adalah perayaan yang kebetulan ditandai di kalender untuk mengingatkan satu sama lain bahwa kamu peduli. Hubungan jangka panjang butuh perjuangan untuk menjaga kesegaran. Menggunakan hari ini sebagai bentuk perayaan bersama akan sangat membantu keberhasilan hubungan percintaanmu.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Arcana Spectre Hadir di Battle Pass Nemestice Dota 2
Fun
Arcana Spectre Hadir di Battle Pass Nemestice Dota 2

Menampilkan Persona dan item immortal hero Dota 2 lainnya.

 Noah dan TNI-AL Nyanyikan Hymne 'Wiratama Hiu Kencana'
Hiburan & Gaya Hidup
Noah dan TNI-AL Nyanyikan Hymne 'Wiratama Hiu Kencana'

Dibuat untuk mengenang dan memperingati 40 hari gugurnya para pahlawan bangsa, ABK KRI Nenggala-402.

Perbedaan Rapid Test Antibodi dan Antigen dan Kegunaannya
Fun
Perbedaan Rapid Test Antibodi dan Antigen dan Kegunaannya

Saat ini rapid test yang digunakan umum di Indonesia ada dua jenis: rapid test antibodi dan rapid test antigen.

3 Pelajaran Berharga Dari Serial Netflix Lupin
ShowBiz
3 Pelajaran Berharga Dari Serial Netflix Lupin

Terinspirasi petualangan Arsène Lupin, karakter fiksi ciptaan penulis Perancis Maurice Leblanc.

Kuldesak, Pemecah Kebuntuan Krisis Film Masa Reformasi
Hiburan & Gaya Hidup
Kuldesak, Pemecah Kebuntuan Krisis Film Masa Reformasi

Mira Lesmana, Riri Riza, Rizal Mantovani, dan Nan T Achnas berusaha mendobrak segala formalitas produksi film di masa Orde Baru

Nyeker Bisa Tingkatkan Nafsu Makan Si Kecil
Fun
Nyeker Bisa Tingkatkan Nafsu Makan Si Kecil

ketika anak dibiarkan bermain di luar rumah sambil nyeker manfaatnya akan semakin besar.

Klinik Drive-Thru, Sehat Makin Mudah
Fun
Klinik Drive-Thru, Sehat Makin Mudah

Klinik Drive-Thru hadir di wilayah Jakarta Selatan.

MotoGP Italia Tak Seharusnya Dilanjutkan
Fun
MotoGP Italia Tak Seharusnya Dilanjutkan

Kematian Jason Dupasquire berpengaruh pada balapan di Italia.

Santuy Aja, Kamu tak Selalu Harus Bikin Orang Lain Senang
Fun
Santuy Aja, Kamu tak Selalu Harus Bikin Orang Lain Senang

Kamu bukan permen yang selalu manis.

Sains: Film Horor Dapat Atasi Masalah Kesehatan Mental
Fun
Sains: Film Horor Dapat Atasi Masalah Kesehatan Mental

Orang dengan gangguan kecemasan lebih cenderung menjadi penggemar film horor.