Hari Anak Nasional
Merayakan Hari Anak Nasional dengan Komitmen Penolakan Kekerasan terhadap Anak Anak-anak mengikuti pawai Hari Anak Nasional yang digelar Sanggar Anak Harapan di Tanah Merah. (Foto: Diky Takyudin/Sanggar Anak Harapan)

SEJUMLAH anak dengan gambar di wajah tampak mengacungkan kertas, layaknya tengah menggelar unjuk rasa. ‘Anak Generasi Masa Depan’ dan ‘Penuhi Hak Anak’ ialah dua dari sekian tulisan yang tertera pada kertas warna-warni yang dipertunjukkan. Beberapa anak lainnya tampak memegang tinggi-tinggi bendera Merah Putih berukuran kecil.

Anak-anak dari Sanggar Anak Harapan (SAH) itu bukan tengah berdemo. Mereka tengah berpawai merayakan Hari Anak Nasional. Yayasan Sanggar Anak Harapan (SAH) menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) mulai 23 hingga 27 Juli 2022. Pada peringatan tahun ini, Sanggar Anak Harapan memilih tema Berbagi ceria dan keberpihakan pada hak anak karena memberi bukan berarti lebih!.

BACA JUGA:

Hari Anak Nasional 2022, Momentum Penuhi Hak Anak

Beragam kegiatan seperti perlombaan untuk anak, pawai, pemutaran dan diskusi film, hingga pembuatan mural di ruang kelas Sekolah Harapan diselenggarakan di Sanggar Anak Harapan, Tanah Merah, Jakarta Utara, serta di kompleks Institut Kesenian Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat.

Uniknya, seluruh rangkaian kegiatan dipersiapkan ibu-ibu Tanah Merah atau orangtua anak-anak Sanggar Anak Harapan. Pendampingan terhadap orangtua menjadi kunci pendidikan karakter generasi. Hal itu juga yang selama ini telah dilakukan Sanggar Anak Harapan dalam menerapkan pendidikan bagi anak-anak di Tanah Merah.

hari anak nasional
Pawai Hari Anak Nasional di Tanah Merah yang diselenggarakan Sanggar Anak Harapan, Sabtu (23/7). Foto: Diky Takyudin/Sanggar Anak Harapan)

Direktur Sanggar Anak Harapan Leni Desinah, atau yang akrab disapa Kak Desboy, menjelaskan penyelenggaraan pendidikan dan ruang aman jadi bekal untuk melindungi anak dari kekerasan. Dengan keyakinan itu, semangat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) menjadi momentum istimewa untuk menolak segala bentuk kekerasan terhadap anak.

Kegiatan peringatan Hari Anak Nasional merupakan bentuk perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak anak agar bebas dari berbagai bentuk kekerasan. Sasaran utama kegiatan ini yakni anak-anak, orangtua, dan pemangku kebijakan di lingkungan sekitar, khususnya di wilayah RW 09 Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara.

“Melalui rangkaian kegiatan di Hari Anak Nasional, kami mengajak orangtua, pendamping, dan pemangku kebijakan agar ikut serta dan berkomitmen penuh dalam perlindungan anak terhadap berbagai bentuk kekerasan,” kata Desboy di Jakarta, Jumat (22/7).

Secara khusus, ia menegaskan dukungannya terhadap Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) yang diinisiasi DPR RI. Perlindungan terhadap anak di dalam segala sektor kehidupan tentunya akan bermuara pada kesejahteraan anak. Meski demikian, kesejahteraan ibu selaku orangtua juga perlu diperhatikan dan dijamin pemerintah maupun dunia usaha.

BACA JUGA:

Telusuri Bahaya Depresi Pada Anak

“Jangan sampai hak para ibu untuk bekerja dan mengaktualisasikan diri terancam. Atau ibu bahkan mendapatkan intimidasi ketika mengambil cuti hamil dan melahirkan,” kata Desboy.

Pemerintah bersama DPR RI juga perlu memikirkan nasib para ibu yang tidak bekerja. Mereka juga perlu tetap terjamin kesejahteraannya melalui lingkungan yang aman dan sehat. Jaminan itu perlu dilindungi payung hukum yang mengikat sehingga masyarakat memiliki kewajiban untuk melindungi para ibu hamil, melahirkan, dan menyusui.

“Oleh karena itu, suami atau orangtua atau mertua perlu juga memahami bagaimana menciptakan lingkungan yang kondusif bagi ibu yang hamil, melahirkan, serta tengah menyusui,” imbuhnya.

Sanggar Anak Harapan merupakan rumah pendidikan yang berada di kawasan Tanah Merah. Sanggar ini tepatnya beralamat di Jl Mandiri 1 Kampung Tanah Merah, No 06, RT 01 RW 09, Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Padatnya penduduk Tanah Merah menyebabkan gesekan antarindividu semakin tinggi. Itu menjadi salah satu sumber kekerasan. Tidak jarang, anak-anak di Tanah Merahmenerima perlakuan kekerasan dan terpaksa mengikuti kemauan orangtua mereka untuk ikut mencari nafkah hingga dini hari. Hal itu dilakukan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

hari anak nasional
Kegiatan Lomba Mewarnai pada peringatan Hari Anak Nasional di Tanah Merah yang diselenggarakan Sanggar Anak Harapan, Sabtu (23/7). (Foto: Diky Takyudin/Sanggar Anak Harapan)

Di kawasan itu tak tersedia sarana prasarana memadai yang mudah dijangkau untuk menitipkan anak di kala orangtua sedang bekerja. Kemiskinan itu mengakibatkan banyak warga di Tanah Merah mengalami kesulitan dalam mengakses pendidikan. Sanggar Anak Harapan memberi ruang bagi anak-anak di Tanah Merah untuk mengecap pendidikan.

“Yayasan Sanggar Anak Harapan berkomitmen fokus pada pendidikan anak sebagai generasi penerus dengan pendekatan berbasis hak dan nirkekerasan. Sanggar Anak Harapan secara khusus memiliki tujuan pendidikan menciptakan lingkungan ramah anak yang bebas dari kekerasan,” kata Desboy.(*)

BACA JUGA:

Kecemasan Sekolah pada Anak: Penyebab, Tanda, dan Apa yang Harus Dilakukan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sheet Mask vs Masker Biasa, Mana yang Lebih Baik?
Fashion
Sheet Mask vs Masker Biasa, Mana yang Lebih Baik?

Kedua jenis itu tidak memberikan hasil yang sama.

5 Hal Harus Dihindari agar Perhiasan Awet
Fashion
5 Hal Harus Dihindari agar Perhiasan Awet

Merawat perhiasan tidak sulit.

Gua Sha Redakan Pembengkakan pada Payudara
Fun
Gua Sha Redakan Pembengkakan pada Payudara

Alat yang biasanya digunakan untuk gua sha adalah batu permata.

Tak Perlu Ngoyo di Negara-Negara Ini, Biaya Hidupnya Paling Murah
Travel
Tak Perlu Ngoyo di Negara-Negara Ini, Biaya Hidupnya Paling Murah

Cocok bagi kamu yang ingin tinggal di sana atau sekedar liburan.

Finest, Gamer Valorant dari Meme Ikonik 'Revive Me Jett' Meninggal Dunia
Fun
Finest, Gamer Valorant dari Meme Ikonik 'Revive Me Jett' Meninggal Dunia

Slogan 'revive me Jett' tersebut terjadi ketika seorang streamer telah merekam Finest ketika ia memarahi teman timnya

Ultra Naté dan Icona Pop Rilis 'You're Free'
ShowBiz
Ultra Naté dan Icona Pop Rilis 'You're Free'

Berangkat dari karya klasik 'Free' oleh Ultra Naté.

Miss V Basah Apakah Berbahaya?
Fun
Miss V Basah Apakah Berbahaya?

Ada beberapa faktor yang membuat miss V menjadi basah.

Taylor Swift Umumkan Album Baru ‘Midnights’ di Panggung MTV VMA 2022
ShowBiz
Taylor Swift Umumkan Album Baru ‘Midnights’ di Panggung MTV VMA 2022

Kumpulan kisah dari 13 malam tanpa tidur yang dirasakan sepanjang hidupnya.

EUPHORIA untuk Mewujudkan Indonesia Merdeka dari Sampah
Fun
EUPHORIA untuk Mewujudkan Indonesia Merdeka dari Sampah

Ribuan peserta mengikuti EUPHORIA.

Motor Mogok Akibat Busi Bermasalah? Ini Solusinya
Fun
Motor Mogok Akibat Busi Bermasalah? Ini Solusinya

Motor yang sering mogok biasanya disebabkan oleh busi bermasalah. Lantas, bagaimana memperbaiki busi yang bermasalah?