Merawat Si Gemas Sulcata, Cocok untuk Iklim Indonesia Kura-kura Sulcata cocok hidup di Indonesia.. (Foto: Pixabay/Wikilmages)

MEMELIHARA hewan berbulu sangat mainstream. Jika kamu ingin yang antimainstream, cobalah untuk memilihara reptil jenis kura-kura sulcata. Perawatan reptil tidak sulit apalagi mahal. Yang perlu kamu perhatikan hanyalah kebersihan serta asupan gizinya. Berbeda dengan kura-kura air, makanan sehari-hari sulcata berupa sayuran. Biasa hidup di daratan bersuhu panas, tapi kamu tetap harus memberikan ruang air untuk berendam.

Melansir dari azeah.com, merawat sulcata itu gampang-gampang-susah. Ini berhubungan dengan penyakit yang sulit terdeteksi akibat lapisan kulitnya yang sangat tebal. Mereka merupakan hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya sama seperti lingkungan sekitar.

Baca Juga:

Tips Ampuh Membawa Hewan Peliharaan ke Kantor


1. Jemur Setiap Pagi

sulcata
Sulcata harus dijemur agar tubuhnya selalu hangat. (Foto: Pixabay/Hans)

Jangan lupa menjemur sulcata agar tubuhnya tetap hangat. Mereka berasal dari daratan Afrika yang panas. Teriknya matahari pagi bisa membuat sulcata cukup toleransi dengan suhu udara sekitar. Indonesa termasuk wilayah tropis yang memiliki suhu tinggi sehingga memelihara sulcata bukanlah masalah besar.


2. Siapkan Bohlam

bohlam
Bohlam bisa membantu hangatkan tubuh bayi sulcata. (Foto: Pixabay/Pexels)


Jika kebetulan tempat tinggalmu merupakan daerah yang cukup dingin. Siapkan akuarium kaca ukuran besar untuk bayi sulcata dan letakan bohlam gantung di atasnya. Setelah dijemur pagi hari, langsung masukan sulcata ke dalam akuarium tersebut agar tubuhnya selalu hangat.


Baca Juga:

Hewan Peliharaan Ternyata Bisa Membawa Hal Positif untuk Hidup

3. Makanan

sulcata
Siapkan banyak sayur dan buah. (Foto: Pixabay/congerdesign)


Sulcata merupakan salah satu jenis reptil yang hobi makan. Kamu harus siap-siap stok makanan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Mereka terbiasa mengkonsumsi berbagai jenis sayur dan buah. Tanaman rumput yang berserat tinggi juga cocok untuk pola dietnya. Pastikan semua yang menjadi makanannya sehari-hari terbebas dari kandungan pestisida.

4. Tempat Bersembunyi

sulcata
Sulcata senang bersembunyi. (Foto: Pinterest/tortoisespimp.com)

Sulcata biasa hidup di alam liar yang gersang dan luas. Mereka selalu menggali lubang untuk bersembunyi dan melindungi diri dari bahaya. Sediakan tempat bersembunyi untuk sulcata di dalam kandang atau akuariumnya. Kamu bisa membuatnya dengan gundukan tanah atau membangun boks bersembunyi dari kayu. (mar)


Baca Juga:

4 Alasan Kucing Merupakan Hewan Peliharaan yang Tepat


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH