Rambut Pendek Perawatan Harus Maksimal Ubah rutinitas keramas saat memiliki rambut pendek (Foto: Pexels/Simon Robben)

BAGI setiap wanita memiliki rambut panjang nan lurus merupakan suatu impian. Daya tarik pria terhadap wanita memang termasuk dari rambutnya. Rambut panjang bakal semakin membuat pria terhipnotis akan kecantikan wanita.

Terlepas dari hal itu, ada pula wanita yang memilih memiliki rambut pendek. Tidak jarang juga pria yang tertarik dengan wanita berambut pendek dengan alasan lebih modis dan fresh.

Namun, nyatanya merawat rambut pendek gampang-gampang susah. Pasalnya rambut pendek terlihat lebih berminyak karena produksi minyak tetap sama dengan rambut yang panjang. Nah, menurut laman Go Dok inilah cara terbaik merawat rambut pendek.

Wanita rambut pendek perlu mengurangi takaran shampo saat keramas (Foto: Pexels/automnenoble bogomolov)

1. Keramas

Rambut yang pendek membuat rambut kamu sering berminyak. Karena produksi minyak sama saja dengan rambut panjang. Karenanya, ubahlah rutinitas keramas kamu. Cobalah mencuci rambut lebih sering namun dengan kandungan shampo yang bersifat lebih ringan. Kamu juga harus pintar memilih produk shampo yang cocok dengan rambut pendek kamu.

2. Perhatikan Shampo dan Kondisioner

Mulailah mengurangi takaran penggunaan shampo dan kondisioner saat keramas. Rambut pendek tidak memerlukan kondisioner dengan jumlah banyak karena akan membebani rambut. Selain itu, menggunakan shampo terlalu banyak dapat membuat kulit kepala iritasi dan rambut tampak kering.

3. Tata Rambut

Bukan berarti kamu bisa seenaknya membiarkan tataan rambut kamu. Tetap kamu harus menata rambut kamu sedemikian rupa. Model rambut kamu harus tetap trendi dan enak dilihat. Jika kamu malas menata rambut cukup semprotkan air ke rambut. Lalu, gunakan tangan untuk menata rambut sesuai keinginan kamu.

Tetap atur penataan rambut (Foto: Pexels/Nayleth)

4. Produk Rambut Sesuai Jenis Rambut

Tambahkan penggunaan produk untuk rambut seperti serum anti-keriting, gel, spray atau krim styling. Penggunaan produk akan lebih sedikit serta membuatnya lebih mudah untuk ditata. Selain itu, cobalah untuk menghindari penggunaan alat styling yang panas seperti catokan rambut.

Baca juga: Ritual Perawatan Rambut yang Harus diketahui Pemilik Rambut Panjang

5. Kulit Kepala

Bukan cuma rambut, kamu juga harus tetap menjaga kulit kepala. Jangan terlalu banyak menggunakan krim rambut. Karena bisa terjadi penumpukan dan membuat kulit kepala kering dan iritasi. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan masker rambut.

Keringkan rambut secara total (Foto: Pexels/Element5 Digital)

6. Keringkan Rambut

Jangan biarkan rambut tidak kering secara menyeluruh setelah keramas. Kondisi rambut setengah kering akan menjadikan rambut kusut. Selain itu, kamu bisa menggunakan hair dryer dengan suhu yang tidak begitu panas agar kulit kepala tetap terjaga.

7. Potong Rambut

Buat jadwal rutin memotong rambut. Karena tujuan kamu adalah mempertahankan panjang rambut kamu sekarang ini. Rapikan rambut ke salon secara rutin setiap 6 minggu. Lalu, potong rambut secara penuh dalam waktu 3 bulan sekali. (ikh)

Baca juga: Tips Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH