Merawat Mobil Mudah Kok! Enggak Perlu ke Bengkel Merawat mobil sangat mudah kok. (Foto: Pexels/Pixabay)

MEMILIKI mobil mudah! Asal ada uang yang cukup untuk membeli mobil, entah baru atau bekas. Namun sebenarnya yang paling terpenting adalah merawatnya dengan baik. Ke bengkel untuk perawatan rutin memang sebuah keharusan, meskipun mobil kamu keluaran terbaru.

Tapi dalam keseharian kamu tetap harus menjaga agar kondisi mobil tetap prima dan nyaman dikendarai. Bukan berarti kamu harus setiap saat ke bengkel. Pada mobil sudah ada petunjuk-petunjuk untuk melakukan perawatan.

Baca Juga:

Jogja Expo Center Gelar Ajang Kustomfest 2019

mobil
Mobil tahun terbaru atau lama sama-sama harus dirawat dengan baik. (Foto: Pexels/neil kelly)

Menurut laman KabarOto, indikator pada dashboard dapat menjadi petunjuk kondisi mesin mobil. Dalam kondisi normal, ketika kunci diputar ke posisi On, biasanya semua lampu akan menyala. Kemudian akan padam dalam beberapa detik dan hanya tersisa lampu indikator aki, rem tangan dan sabuk pengaman bila belum mengenakan sabuk pengaman.

Ketika mesin sudah dinyalakan, seharusnya semua lampu akan padam. Kecuali lampu rem tangan jika masih aktif atau lampu sabuk pengaman. Kalau ada salah satu lampu yang tetap menyala padahal seharusnya mati, itu berarti ada komponen bermasalah dan harus segera dicek atau diperbaiki kalau perlu. Jangan sampai diabaikan karena akan mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan. Apalagi mobil zaman sekarang yang terkomputerisasi akan dapat mempengaruhi pembacaan pada komputernya.

Baca Juga:

Intip Kekuatan BMW Terbaru X5 M dan X6 M, Mana Paling Bertenaga?

mobil
Merawat mobil bukan hanya dengan mencucinya. (Foto: Pexels/isaac taylor)


Untuk mobil tahun lama, ada baiknya sesekali menginjak pedal gas lebih dalam. Ini untuk membuang sumbatan yang ada pada knalpot. Ada baiknya kamu sesekali memacu mobil dalam putaran tinggi. Ini dimaksudkan untuk membuang kerak pada lubang knalpot, juga pada bagian catalitic converternya. Untuk mobil yang jarang jalan sebaiknya dilakukan saban 2 minggu sekali. Sementara yang dipakai harian cukup sebulan sekali.

Buat kamu yang jarang mengisi bensin sampai penuh sebaiknya buang kebiasaan itu. Mulailah untuk mengisi bensin penuh. Ini membantu memperpanjang usia tanki mobil. Dengan mengisi penuh tanki bensin maka menghindari dari korosi pada bagian atas tanki. Bila terdapat kerak dan korosi dapat luruh ke bagian bawah tanki dan dikhawatirkan akan terbawa ke bagian pembakaran di mesin. Akibatnya mesin akan mengalami kendala. (*)

Baca Juga:

Google Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Kecelakaan Mobil

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH