Merawat Kain Katun, Mudah! Katun mudah kusut. (Foto: pixabay/Engin_Akyurt)

KATUN adalah kain yang kerap dipakai untuk menjadi bahan dasar sandang. Entah untuk baju atau celana.

Katun dibuat dari serat kapas alami akan terasa sangat ringan dan nyaman saat dipakai. Makanya tak heran katun sangat digemari oleh orang. Karena sifatnya yang alami katun harus dirawat agar tekstur katun tetap halus, lembut, kuat, dan tahan lama.

Simak langkah berikut ini:

Pemutih

Pakaian dan celana berbahan katun yang berwarna sebaiknya tidak direndam dalam pemutih atau detergen yang mengandung pemutih. Jika direndam dengan pemutih akan merusak warna bahan.

Cuci

Katun sangat mudah untuk dicuci. Proses pencucian bahan serat katun dapat dilakukan secara manual atau dengan mesin cuci.

Basahi

Sangat dianjurkan membasahi dulu pakaian dan celana berbahan katun dengan air hingga rata menyeluruh sebelum dimasukkan dalam larutan detergen.

Rendam

Jangan merendam pakaian terlalu lama dalam larutan detergen atau pewangi. Ini dapat mempengaruhi tekstur kain. Benang menjadi lebih cepat rusak serta warnanya pun cepat memudar. Sebaiknya lakukan perendaman tidak lebih dari 30 menit.

shirt
(Foto: pixabay/MikesPhotos)

Jemur

Jemurlah pakaian atau celana berbahan katun itu di bawah terik matahari dengan bagian dalam berada di luar. Kemudian jemurlah dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menghindari kekusutan karena bahan katun sangat mudah kusut.

Panas

Setelah kering, setrikalah dengan suhu yang panas (high heat temperature). Karena sifat bahan katun yang sangat mudah kusut dianjurkan menyetrika dalam suhu panas.

Lembab

Yang harus diperhatikan adalah jangan membiarkan terlalu lama pakaian dan celana katun Anda dalam kondisi lembap. Sebab, kelembapan mempercepat tumbuhnya jamur. Maka, simpanlah dalam kondisi bersih dan kering.

Kamper

Ada baiknya jika pakaian disimpan dalam lemari, masukanlah kamper atau pewangi gantung. Gunanya agar tidak dimakan ngengat. Tentunya berbau harum pada saat dikenakan. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH