Merawat Jaket Motor Sesuai dengan Bahannya

P Suryo RP Suryo R - Senin, 26 Desember 2022
Merawat Jaket Motor Sesuai dengan Bahannya
Jaket yang dipakai pengendara motor harus dirawat dengan baik. (Pexels/Gleb Krasnoborov)

BANYAKNYA pengendara roda dua padca saat ini memunculkan berbagai jaket yang didesain untuk berkendara. Jaket tak hanya memiliki fungsi sebagai penghalau sinar matahari, debu, dan angin bagi pengendara motor. Lebih dari itu jaket juga hadir sebagai pelindung.

Jaket lantas hadir dengan berbagai desain menarik dan bahan pembuatnya. Pilihannya sangat beragam mulai dari kulit sampai ke parasut. Semuanya hadir dengan daya tarik tertentu dan fungsinya.

Baca Juga:

5 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Bagasi Motor

jaket
Jaket tampil dengan berbgai desain menarik. (Pexels/Diego Molina)


Merawat jaket biker harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar. Laman kabaroto menuliskan cara merawat dan membersihkannya dari tips yang disampaikan oleh Senior Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers Wahidin.

Dia menyampaikan bahwa seperti baju dan busana lainnya, jaket harus dicuci juga. Jaket perlu dicuci secara berkala agar terjaga kebersihannya. Terutama bagi para biker atau kamu yang sering menggunakan jaket saat bepergian, dia merekomendasikan untuk mencuci jaket 1 kali seminggu.

Perlu diingat, setiap jenis pakaian memiliki siklus dan cara pencuciannya sendiri.

"Seperti material kulit dan parasut, kami rekomendasikan untuk tidak mencuci menggunakan mesin cuci," tegas Wahidin.

Kemudian dia juga menekankan bahwa mencuci jaket dengan bahan kulit atau parasut yaitu dengan cara manual atau mencuci menggunakan tangan.

Dia mengatakan bahwa cara mencucinya dengan menhyiapkan wadah dan air bersih. Lalu rendam jaket selama 20-30 menit menggunakan deterjen khusus pakaian. Setelah direndam kemudian mulai cuci atau kucek bagian yang kotor dengan menggunakan tangan dan kemudian dapat disikat dengan menggunakan sikat gigi. Sikat secara perlahan.

Baca Juga:

Motor Mogok Akibat Busi Bermasalah? Ini Solusinya

motor
Salah satu jenis jaket adalah jaket berbahan kulit. (Pexels/Antoni Shkraba)

"Gunakan air mengalir tekanan sedang untuk membilas. Setelah itu peras dengan perlahan dan langsung dijemur menggunakan gantungan baju," kata Wahidin serius.

Setelah jaket dijemur dan kering maka jaket yang berbahan kain, suhu pada setrika dapat diaktifkan sampai maksimal 100 derajat. Hanya saja kamu harus ingat dalam proses setrika harus secara perlahan dan jangan terlalu ditekan.

Untuk jaket berbahan parasut dan polyester disarankan menggunakan suhu maksimal 20 derajat dengan menyetrika perlahan. Karena jaket berbahan parasut dan polyester tidak tahan terhadap suhu yang terlalu panas.

Kalau kamu punya jaket berbahan kulit jika ingin disetrika disarankan hanya bagian dalamnya saja. Bagian luar bisa menggunakan kipas angin untuk proses pengeringannya.

Kemudian setelah semuanya selesai, kamu dapat langsung disimpan di lemari. Untuk jaket berbahan kain bisa disimpan dengan cara dilipat. Sementara jaket berbahan parasut, polyester, dan kulit sebaiknya digantung menggunakan hanger.

"Usahakan jangan terkena matahari langsung serta hindari lemari yang lembab agar jaket selalu rapi, tidak berbau dan berjamur," sarannya. (psr)

Baca Juga:

Cara Perawatan dan Penyetelan Rantai Motor yang Benar

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan