Wisata Indonesia

Merasakan Suasana Pedesaan Yogyakarta di Warung Kopi Klotok

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 29 November 2018
Merasakan Suasana Pedesaan Yogyakarta di Warung Kopi Klotok
Warung Klotok yang dikunjungi banyak pesohor. (Foto: instagram@dnhsdnt)

KEARIFAN lokal agaknya yang hendak disajikan oleh Warung Kopi Kotok. Meskipun namanya warung namun banyak pesohor dan nama besar lainnya pernah mampir ke sini. Warung ini berada di Jl Kaliurang Km 16, Kledokan, Pakem, Yogyakarta.

Bangunannya sederhana khas rumah-rumah di pedesaan Yogyakarta. Bahkan bata sebagai temboknya sama sekali tidak diplester. Bentuknya joglo yang menunjukan kekhasan rumah di wilayah budaya Jawa. Kayu turut mendominasi interior warung ini.

klotok
Dapur terbuka yang masih menggunakan kayu bakar sebagai media apinya. (Foto: instagram@rendibudiman)

Makan disini seolah kembali ke rumah eyang yang menyediakan berbagai masakan lezat khas Yogyakarta. Warung ini benar-benar mengusung konsep rumahan dengan dapur terbuka dan tungku berkayu bakar yang bisa dilihat siapa pun.

Laman Arah Destinasi mengungkapkan, tamu biasanya masuk dari dapur, lalu mengambil makan secara prasmanan. Kemudian dibawa ke ruang tengah atau pun teras depan bangunan yang langsung menghadap taman dan persawahan. Membawa tamunya ke kedamaian suasana pedesaan tempo dulu.

klotok
Suasana sejuk Kaliurang menambah kenikmatan di Warung Klotok. (Foto: instagram@sudartosetyawan)

Menu yang disajikan sangat rumahan. Mulai dari sayur lodeh, nasi megono, gudeg, jantung pisang, jengkol, ayam goreng, sayur kacang tolo, sayur lombok ijo, ikan asin, ayam goreng dan aneka tumis sayur. Bikin ngiler saja! Nasinya ada dua macam, nasi putih dan merah.

Ada juga pisang goreng, singkong goreng, dan berbagai camilan tradisional lainnya bagi yang tidak mau makan berat. Camilan itu sangat pas dinikmati dengan kopi, teh panas, atau wedang jahe di tengah udara sejuk dan hijau pemandangan. Di meja juga tersedia tembakau dan kertas rokok, silahkan melinting sendiri. Ini disediakan gratis. (psr)

#Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan