Merasa Menjadi Kewajiban, Alasan Nadine Chandrawinata Terlibat Sebagai Aktivis Lingkungan Hidup Nadine Chandrawinata (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

NADINE Chandrawinata memang disibukkan dengan profesinya di dunia hiburan. Tapi di sela-sela kesibukannya itu. Ia memiliki kegiatan lain yang begitu positif. Nadine aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan seputar menjaga kelestarian lingkungan.

Nama Nadine tenar semenjak ia didapuk menjadi Puteri Indonesia pada tahun 2005. Namun, meskipun dari fortofolio Nadine ia lebih cocok menjadi seorang peragawati. Ia tetap memilih untuk menjadi seorang aktivis lingkungan.

Alasan dia ingin terlibat melestarikan lingkungan. Karena bagi dia sudah menjadi kewajiban setiap orang. Untuk peduli terhadap lingkungan. "Sebenernya Aku bukan memilih sebagai aktivis sih dalam arti memiliki title aktivis. Tapi memang sudah kewajiban manusia menjaga bumi sih," tutur Nadine kepada merahputih.com saat ditemui di kawasan Bintaro belum lama ini

Bahkan Nadine pun memiliki sebuah yayasan atau komunitas pencinta lingkungan hidup. Yayasan yang bermarkas di Kemang, Jakarta Selatan itu bernama Sea Soldier. Berdiri sejak tahun 2015. Sea Soldier pun kata Nadine sudah tersebar di kota-kota Indonesia.

Sebagai aktivis lingkungan hidup, Nadine juga memiliki yayasan yang bergerak untuk menjaga kelestarian lingkungan (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Belum lama ini, Yayasan tersebut juga baru merayakan ulang tahunnya yang keempat."Bulan Maret kemarin kita (Sea Soldier) baru ulang tahun yang keempat. Kita juga sudah tersebar di 15 kota Indonesia," tambah perempuan 34 tahun itu.

Baca juga:

Selandia Baru di Mata Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara

Meski Fobia Ketinggian, Nadine Chandrawinata Tetap Bungee Jumping. Kenapa?

Nadine Chandrawinata Teringat Toilet di Selandia Baru

Komunitas tersebut kata Nadine. Berawal dari beberapa orang yang memiliki kepedulian dengan lingkungan. Oleh karena itu, Nadine pun akhirnya membentuk yayasan tersebut untuk memiliki misi mulia. Menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Peran seorang perempuan dalam menjaga lingkungan hidup

Bagi Nadine, perempuan memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan hidup. Karena seorang perempuan memiliki kesabaran yang lebih baik dari seorang pria. Sehingga dengan tingkat kesabaran seperti itu. Mereka bisa lebih banyak menyebarkan pesan positif kepada banyak orang. Untuk menjaga lingkungan sekitar.

"Dengan kesabaran dan kelembutan perempuan. mereka lebih bisa sabar merangkul orang untuk menjaga lingkungan," kata perempuan yang juga menjadi duta besar wisata bahari itu.

Selain itu, seorang perempuan nantinya akan menjadi seorang ibu. Oleh karena itu. Sebagai sosok seorang ibu. Perempuan dapat menularkan sikap positif sebagai sosok yang mencintai lingkungan. Kepada anak-anaknya kelak.

Contoh kecilnya. Seorang ibu bisa mengajarkan anak-anaknya. Supaya rajin membersihkan kamar sendiri. Dengan begitu, si anak dapat menyadari seberapa penting menjaga kebersihan kamarnya dari sampah-sampah. "Jadi mereka (anak) bisa tahu berapa sampah yang mereka hasilin," tuturnya.

Menurut Nadine melalui peran sebagai seorang ibu, perempuan bisa mengajarkan anaknya mencinta lingkungan sejak dini (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Namun, kata Nadine. Bukan berarti ia menjadikan kegiatan aktivis lingkungan hidup sebagai profesi satu-satunya. Sampai sekarang ia tetap aktif di dunia hiburan. Karena menurut dia. Profesinya di dunia hiburan. Membantunya untuk menyebarkan pesan. Mengenai betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup kepada masyarakat.

"Kebetulan aku kerja di entertain jadi lebih terdengar suaraku. Jadi lebih mudah buat aku untuk bergerak," paparnya. Perempuan blasteran Indonesia-Jerman itu kerap turun langsung ke lapangan untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan.

Misalnya setahun lalu ia ikut menyelidiki sirkus keliling yang mempertontonkan seekor lumba-lumba. Padahal dalam sebuah wawancara di stasiun televisi swasta Nadine mengatakan lumba-lumba enggak sepatutnya terlibat dalam sirkus. Karena mereka bisa stres saat sirkus tersebut berpindah tempat.

Beberapa kali dirinya juga pernah pergi ke kota-kota Indonesia. Untuk mengikuti kegiatan-kegiatan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH