Merasa Kecewa, Pangeran Diponegoro Menampar Patih Danurejo IV Lukisan Pangeran Diponegoro karya maestro Raden Saleh (Foto: www.raden-saleh.net)

MerahPutih Budaya - Merasa dikecewakan serta dikhianati, Pangeran Diponegoro akhirnya menampar wajah Patih Danurejo IV saat kumpul para bangsawan di Keraton Yogyakarta.

Kekecewaan Pangeran Diponegoro semakin membesar ketika mengetahui patih yang bernama Gusti Kanjeng Pangeran Joko Hadiyosodiningrat bertindak serakah, serta akal bulusnya yang banyak merugikan masyarakat dan juga pihak keraton.

Alasan tersebut yang kemudian membuat Raden Mas Ontowiryo (nama asli Pangeran Diponegoro) melayangkan sebuah tamparan ke wajah Danurejo IV.

"Sebenarnya, perselisihan antara Danurejo IV dengan Pangeran Diponegoro sudah saya uraikan panjang lebar di buku Kuasa Ramalan bab VIII jilid 2. Yang menjadi masalah penting, DR IV (Danurejo IV) bukan orang 'binnen' (abdi dalam) di kalangan keraton. Melainkan, orang mancanegara (wilayah jauh) timur dari Mojokerto, keturunan Untung Surapati (Bali) dan Tionghoa (marga Pei dari Sidoarjo)," papar Peter Brian Ramsay Carey, sejarawan yang meneliti tentang Pangeran Diponegoro selama 40 tahun kepada merahputih.com, Selasa (15/3).

Mungkin benar, tambah Peter, merasa kecewa bahwa kandidat patih yang PD (Pangeran Diponegoro) pilih ternyata seorang yang sangat korup dan lebih memihak Belanda ketika itu. "Sangat korup dan bejat sehingga sering ada bentrokan (antara DN IV dengan PD)," tambahnya.

Selain itu, tutup Peter, keahlian DN IV adalah pandai mencari muka terhadap kolonial Belanda saat itu sehingga, banyak juga pengaruh dari dirinya membuat keruh suasana di Keraton Yogyakarta.

"Kedekatannya dengan Belanda, membuat dirinya sangat mudah menyelinap di dalam keraton. Tidak sedikit ulah dia di sana," tutupnya.(ard)

BACA JUGA:

  1. Prapto Yuwono: Perang Bubat Isapan Jempol Belaka
  2. Pemerhati Sejarah: Kisah Nusantara Banyak Campur Tangan Asing
  3. Keturunan Kerajaan Sunda: Tidak Ada Perang Bubat!
  4. Desa Doka, Desa Wisata Percontohan dari Sikka Flores
  5. Nirmolo Kaliurang, Destinasi Wisata Hutan di Kaki Gunung Merapi


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH