Merapi Siaga, KPU RI Siapkan TPS Darurat di Klaten dan Boyolali

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 14 November 2020
Merapi Siaga, KPU RI Siapkan TPS Darurat di Klaten dan Boyolali
Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi mengecek logistik di KPU Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/11).(MP/Ismail)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memerintahkan pada dua KPU di dua kabupaten di lereng Gunung Merapi wilayah di Jawa Tengah untuk menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) darurat. Kedua KPU tersebut adalah Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten.

Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Boyolali yang menjadi salah satu daerah terdampak erupsi Gunung Merapi. Selanjutnya KPU daerah akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Kami perlu tahu dari BPBD hasil pendataan berapa warga terdampak jika terjadi erupsi Gunung Merapi," ujar Pramono saat melakukan inspeksi logistik Pilwakot Solo di kantor KPU Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/11).

Baca Juga

Gunung Merapi Alami 18 Gempa Hembusan Hingga Pagi Ini

Ia mengatakan setelah pendataan jelas baru membuat TPS darurat dan menentukan lokasinya. Khusus TPS darurat di Boyolali bisa saja di lokasi wilayah Kabupaten Magelang karena lokasi berdekatan dan tidak sedang mengadakan pilkada.

"Data detel jumlah pemilih yang terdampak merapi berapa. Kemudian lokasinya tempat TPS darurat di Boyolali berapa dan Magelang berapa harus jelas untuk dilaporkan pada KPU RI," kata dia.

Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, Jumat (13/11). (MP/Ismail)
Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, Jumat (13/11). (MP/Ismail)

KPU RI, kata dia, juga meminta KPU di Klaten melakukan hal serupa dengan KPU Boyolali karena Kabupaten Klaten juga masuk daerah terdampak merapi. Ia meminta sebelum membuat TPS darurat dilakukan pendatan warga terdampak merapi sesuai by name by address.

"Pembuatan TPS darurat masih cukup waktu. Yang terpentingkan pendataannya dulu, jadi pemilih harus by name by address diketahui dulu," kata dia.

Baca Juga

16.060 Bilik Suara Pilkada Depok Masuk Gudang

Ia menambahkan lokasi TPS darurat diantaranya bisa berada di lokasi pengungsian, memindahkan di kantor kelurahan, kecamatan yang dianggap aman. KPU RI berharap pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT) warga terdampak merapi dari dua KPU di Jawa Tengah ini segera diselesaikan segera. (Ismail/Jawa Tengah)

#Pilkada Serentak #Pilkada 2020 #Komisi Pemilihan Umum
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan