Merapi Keluarkan Awan Panas, Hujan Abu Tipis Melanda Kecamatan Turi Penampakan awan panas Gunung Merapi yang dipantau dari Kawasan Kaliurang Yogyakarta (MP/Tereska Ika)

MerahPutih.Com - Gunung Merapi di perbatasan Yogjakarta dan Jawa Tengah kembali menghembuskan awan panas pada Minggu (22/9). Akibatnya hujan abu tipis turun selama beberapa saat di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

Kepala BPPTKG DIY Hanik Humaida mengatakan awan panas meletup keluar sekitar pukul 11.36 WIB.

Baca Juga:

Gunung Merapi di DIY Luncurkan Lava Sejauh 870 Meter

"Tadi sempat ada laporan hujan abu tipis di Dusun Tunggul Arum Kecamatan Turi," ujar Hanik Humaida di Yogyakarta, Minggu (22/9).

Gunung Merapi kembali luncurkan awan panas
Gunung Merapi kembali luncurkan awan panas, warga diminta hindari jarak aman dengan radius tiga kilometer dari puncak (MP/Tereka Ika)

Namun hujan abu ini hanya berlangsung sesaat dan tidak menganggu aktifitas masyarakat sekitar.

Awan panas terekam di seismogram dengan amplitudo 70 milimeter dan durasi 12,5 menit.

Dari CCTV BPPTKG, terpantau awan panas keluar satu kali dengan ketinggian kolom kisaran 800 meter (dp). Awan panas keluar diikuti guguran lava sebanyak 4 kali.

"Jarak luncur guguran lava sejauh 0,6-1,1 kilo meter arah hulu Kali Gendol,"jelas dia.

Ia mengimbau warga tidak perlu panik dan tetap waspada dengan aktifitas Merapi. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.

Baca Juga:

Gunung Merapi di DIY Mengalami Dua Kali Gempa Guguran

Sementara area dalam radius 3 km dari puncak Merapi tidak diperbolehkan ada aktivitas manusia. Gunung Merapi hingga kini masih berstatus level II atau waspada.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga:

Gunung Merapi Keluarkan Asap Putih dan Awan Panas Guguran Mengarah Kali Gendol

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH