Merapi Belasan Kali Luncurkan Guguran Lava Pijar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 01 April 2022
Merapi Belasan Kali Luncurkan Guguran Lava Pijar
Puncak Gunung Merapi yang diselimuti awan terlihat dari Bronggang, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (9/7/2020). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww)

MerahPutih.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

BPPTKG mencatat, terjadi 17 kali guguran lava keluar dari Gunung Merapi selama periode pengamatan pada Kamis (31/3), mulai pukul 00.00 hingga 12.00 WIB.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta menyebutkan bahwa 12 guguran lava pijar pertama tercatat pada periode pengamatan pukul 00.00 sampai 06.00 WIB dengan jarak luncur maksimum 1.800 meter ke arah barat daya.

Baca Juga:

BPPTKG Prediksi Merapi Tidak Bergejolak Selama Pelaksanaan G20

Lima guguran lava berikutnya terpantau selama pengamatan pukul 06.00 sampai 12.00 WIB ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimum 1.000 meter.

Berdasarkan data pengamatan terakhir, BPPTKG mencatat volume kubah lava barat daya Merapi sebesar 1.609.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.582.000 meter kubik.

Sementara itu, deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan "electronic distance measurement (EDM)" pada 30 Maret 2022 menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,2 cm per hari.

Baca Juga:

Warga Lereng Merapi Diimbau Masukkan Surat Berharga ke Wadah Khusus

Guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berdampak ke area dalam sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Boyong (sejauh maksimal lima km) serta Sungai Bedog, Krasak, Bebeng (sejauh maksimal tujuh km).

Selain itu, guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berdampak ke area di sektor tenggara yang meliputi Sungai Woro (sejauh maksimal tiga km) dan Sungai Gendol (sejauh lima km).

Apabila gunung api itu mengalami letusan eksplosif, maka lontaran material vulkaniknya dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. (*)

Baca Juga:

Warga Dilarang Menambang dan Mendekat ke Lereng Merapi

#Gunung Merapi #Letusan Gunung Merapi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan