Merantau Janjikan Pengalaman Hidup yang Berharga Merantau bukan sebuah malapetaka. (Foto: Pixabay/TheDigitalWay)

TIDAK banyak orang yang berani pergi meninggalkan kota kelahiran untuk merantau ke luar kota atau bahkan sampai ke luar negeri. Mengejar impian menjadi kian mustahil hanya karena kita terjebak di zona nyaman. Butuh gebrakan besar yang bisa menggugah hati untuk kemudian berani mengambil langkah tersebut.

Tetapi percayalah ketika kamu sudah berani pergi untuk mencapai cita-cita di negeri lain, ada banyak arti dan makna hidup yang bisa kamu pelajari. Sebuah pengalaman yang tidak bisa kamu dapatkan jika terus berdiam di satu tempat.

Baca juga:

Pengalaman Berharga Menjadi Anak Rantau

Melansir dari laman adventureinyou.com, meninggalkan keluarga mungkin tampak seperti pengalaman yang menakutkan. Di tempat yang baru belum tentu kamu bisa langsung akrab dengan orang-orang di sekitar. Tetapi ada banyak hal positif yang bisa kamu ambil. Tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan mandiri adalah satu dari banyak alasan kenapa memilih untuk menjalani kehidupan di perantauan. Masih belum percaya? Simak ulasan menarik di bawah ini.

1. Mengenal Diri Sendiri

Mengenal Diri Sendiri
Kamu akan lebih mengenal diri sendiri. (Foto: Pixabay/Pexels)

Tinggal di tempat baru secara langsung membuatmu keluar dari zona nyaman. Saat tinggal sendirian tanpa bantuan orangtua atau saudara, di situ lah kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri. Mulai merenungkan pencapaian apa yang ingin kamu raih di tempat baru. Kamu juga akan terbiasa menurunkan ego dan menahan diri ketika berhadapan dengan orang baru.

Baca juga:

Zaman Lalu, Ibu Punya Aturan Seperti ini

2. Mendapat Skill Baru

Mendapat Skill Baru
Belajar hidup mandiri. (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Kalau biasanya di rumah sudah tersedia makanan yang dimasak oleh ibu, atau ayah yang membantumu dalam memperbaiki sesuatu. Kali ini kamu harus melakukannya sendiri. Siapa sangka tinggal jauh dari orangtua bisa membuatmu mendapatkan skill baru. Tentunya kamu juga akan berubah menjadi sosok yang lebih mandiri.

3. Mengenal Berbagai Sudut Pandang

Mengenal Berbagai Sudut Pandang
Terbiasa saling tukar pikiran. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Kamu tidak bisa lagi berkukuh dengan pendapatmu ketika sedang berdiskusi dengan orang baru. Apalagi jika orang-orang sekitar lingkungan baru memiliki budaya yang jauh berbeda dengan kampung halamanmu. Beradaptasi dan sikap toleransi adalah kunci utama dalam hal ini.

Jangan sampai kamu kehilangan pekerjaan hanya karena memaksakan kehendak. Perbedaan sudut pandang adalah hal yang positif selama tidak merugikan dirimu sendiri. (mar)

Baca juga:

Empat Negara Terbaik untuk Perempuan yang Mau Bekerja di Luar Negeri



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH